Breaking News

Bertemu Menkop UKM, Gubernur Mahyeldi Harapkan Dukungan Penguatan UMKM Sumbar

 


Jakarta, Figurnews.com- Dalam upaya pengembangan dan peningkatan Usaha Kecil dan Menengah di Sumatera Barat (Sumbar), Pemerintah Provinsi Sumbar melaksanakan berbagai program strategis, diantaranya yang teranyar adalah Pameran Usaha Mikro Kecil dan Menengah  bertema “UMKM Sumbar Malagak 2022” dan pameran UMKM nusantara. Dukungan kementerian terkait sangat diharapkan untuk mendorong tercapainya UMKM Sumbar yang mandiri dan berdaya saing.

Hal tersebut terungkap saat diskusi Gubernur Sumbar, Buya Mahyeldi dengan Menteri Koperasi UKM RI, Teten Masduki di Lantai 8 Gedung Kementrian Koperasi Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia, Jumat (2/9/2022).

Didampingi Kepala Dinas Koperasi UMKM Provinsi Sumbar, Kepala Biro Adpim, Kepala Biro Perekonomian dan Kepala Badan Penghubung Sumbar, Gubernur Mahyeldi memaparkan tentang perkembangan UMKM di Sumatera Barat.

Menurut gubernur, upaya untuk membangkitkan pelaku usaha kecil di Sumatera Barat selama masa pandemi covid-19 terus dilakukan. Diantaranya dengan memberikan akses yang luas bagi para pelaku UMKM melalui berbagai pameran, serta promosi yang masif, termasuk oleh Wagub Audy Joinaldy.

Gubernur mengharapkan dukungan untuk Pameran UMKM Sumbar Malagak 2022, yang akan digelar di GOR H. Agus Salim Padang pada 29 September hingga 2 Oktober 2022 mendatang. Gubernur juga mengharapkan adanya kerjasama yang baik antara Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dengan Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah. 

"Pagelaran UMKM Sumbar Malagak bertujuan untuk mempromosikan dan meningkatkan pemasaran produk serta jasa unggulan, khususnya UMKM Sumbar.  Selain itu juga menjadi peluang dalam bidang investasi, industri, perdagangan dan pariwisata Sumbar maupun daerah lainnya di seluruh Indonesia," ujar Gubernur Mahyeldi.

Menteri Koperasi UKM teten Masduki, menyambut positif berbagai program yang dilakukan Pemprov Sumbar. Teten Masduki juga menyampaikan agar Sumatera Barat diharapkan mendorong koperasi sektor ril yang terintegrasi misalnya peternakan dengan model bisnis yang modern.

"Dalam rangka penyusunan draft perubahan UU No.25 tentang Perkoperasian maka disarankan untuk melaksanakan kegiatan Seminar Bedah pemikiran Bung Hatta dengan melibatkan perguruan tinggi dan para pakar dalam memeriahkan HUT Sumatera Barat ke 77," usul Menteri.

Selain itu, Teten juga menekankan Pemprov Sumbar terus mengembangkan komoditi kopi Sumatera Barat yang telah ditetapkan sebagai daerah komoditi kopi unggulan karena kualitasnya yang sangat baik serta telah menjangkau pasar Internasional.

Selanjutnya Bapak Menteri mengarahkan agar pembibitan kopi yang bersertifikat yang berada di Solok dapat mensupply bibit kopi yang ada di Sumatera Barat.(Af/Hani/doa)

Dinas Kominfotik Sumbar

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre