Breaking News

17 Petugas dan 30 Napi Narkoba Lapas Kelas III Talu Jalani Tes Urin, ini hasilnya!

 


Pasaman Barat,Figurnews.com – Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Talu, Donni Isa Dermawan melakukan tes urine kepada Warga Binaan Khusus nya tindak Pidana Narkoba dan Petugas di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Talu, Senin (26/09) mulai pukul 10.00 Wib sampai selesai.

Bekerjasama dengan Puskesmas Talu, Tes sampel Urine  Rutin terhadap WBP dan Petugas Lapas Kelas III Talu berjumlah 47 orang, yang terdiri dari 30 orang Warga Binaan Pemeriksaan dengan Pidana Narkoba dan 17 orang Petugas Lapas Kelas III Talu.

Kegiatan Tes Urine ini dilakukan secara rutin dan dilakukan secara acak pada setiap penghuni kamar, khusus nya terpidana Narkoba.

"Tes Urine Ini dilaksanakan Bekerja sama dgn Puskesmas Talu, untuk memastikan agar tidak ada peredaran gelap Narkoba di dalam Lapas Kelas III Talu atau Zero Halinar " kata kalapas Donni.

"Tujuannya tes urine mencegah adanya Peredaran gelap Narkoba di dalam Lapas Talu," jelasnya.

Lebih lanjut, Ia mengintruksikan agar seluruh petugas meningkatkan kewaspadaannya dan lebih teliti dalam menggeledah badan dan memeriksa barang yang dibawa pengunjung begitu juga penitipan barang di layanan penitipan barang.

“Kami melakukan deteksi dini pada Lapas Kelas III Talu, hal ini kita lakukan karena tren kasus narkoba meningkat cukup tinggi di Kabupaten Pasaman Barat. Kami tidak mau warga binaan dan  petugas Pemasyarakatan terlibat dan kami wajib melakukan deteksi dini, salah satunya dengan tes urin petugas. Apabila ditemukan petugas positif mengkonsumsi narkoba akan kami lakukan pembinaan,” tegas Donni.

Tes urin ini juga merupakan bentuk penguatan komitmen dan Peningkatan integritas petugas dalam pemberantasan peredaran gelap narkotika.

 “Alhamdulillah hasil tes urin petugas dan WBP semuanya negatif narkotika, artinya integritas dan komitmen petugas dalam pemberantasan narkoba sudah baik. SelaIin itu penerapan tiga kunci Pemasyarakatan Maju yaitu Deteksi Dini, Cegah Peredaran Narkoba, Sinergitas dengan Puskesmas Talu, sebelumnya tes urine juga di laksanakan oleh Badan narkotika Nasional kabupaten Pasaman Barat,” ujar Kalapas Talu.

Sementara itu Kepala Puskesmas Talu Syahri Elfa , S.ST mengatakan, pihaknya akan selalu siap jika sewaktu-waktu diperlukan untuk pemeriksaan tes urine di Lapas.

“Tes urin yang kita lakukan pada pegawai semua dan Napi Khususnya perkara narkoba hasilnya negatif, tes urin ini merupakan hal yang biasa kita lakukan dalam upaya pencegahan peredaran narkoba di Lapas, khususnya di instansi-instansi terkait. Semoga dengan sinergitas yang terbentuk ini antar Dinas kesehatan dalam hal ini UPT Puskesmas Talu dan pemasyarakatan dapat mencegah peredaran narkotika di Kabupaten Pasaman Barat,” pungkas pria akrab disapa Ujang itu.

(Dodi Ifanda)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre