Breaking News

Walikota Palembang Sampaikan Raperda APBD-P TA 2022, Sektor Pendidikan dan Kesehatan Menjadi Prioritas



Palembang, Figurnews.com,-

Rapat Paripurna ke-16 MP ll Penyampaian Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) APBD Perubahan Tahun Anggaran 2022 oleh Walikota Palembang di gedung Serbaguna DPRD Kota Palembang, Senin (22/08/2022). 

Dalam hal ini Walikota Palembang Harnojoyo sektor pendidikan dan kesehatan yang menjadi Prioritas.

Harnojoyo menyampaikan bahwa perubahan anggaran tersebut bertambah sebesar Rp583 miliar. Sehingga meningkat menjadi Rp4,4 triliun dari sebelumnya Rp3,817 triliun.


"Tujuan penyampaian ini dengan harapan agar dapat disetujui dan disepakati oleh Dewan yang terhormat untuk dibahas lebih lanjut tentang rancangan perubahan APBD Kota Palembang tahun anggaran 2022," kata Harnojoyo.

Iapun merinci belanja yang mengalami perubahan meliputi belanja operasi sebesar Rp3,181 triliun. Bertambah Rp241 miliar dari sebumnya Rp2,940 triliun. 


"Kemudian untuk belanja modal naik menjadi Rp1,213 triliun, bertambah Rp569 miliar dari Rp644 miliar. Hal ini karena adanya kewajiban membayar hutang pihak ketiga dan pengalokasian bantuan dari Provinsi," jelasnya.

Sedangkan, pada perubahan APBD Tahun Anggaran 2022 Kota Palembang terjadi juga pengurangan, yakni belanja tidak terduga. Dimana dari alokasi APBD Induk sebesar Rp232,4 miliar, berkurang sebesar Rp226,7 miliar menjadi Rp5,7 miliar.


Selain tetap memprioritaskan bidang pendidikan dan kesehatan, lanjut dia Pemkot Palembang juga melakukan penyesuaian program dan kegiatan terkait sinkronisasi prioritas pembangunan Nasional.

Rancangan Perda Perubahan APBD 2022 semoga setelah di sampaikan ini dewan yang terhormat berkenan bersama Pemerintah Daerah OPD untuk membahasnya.


"Pada Prinsipnya kami sudah sesuai aturan terkait dengan semuanya dengan penganggaran,Dari sebelumnya bidang sektor pendidikan dan selain itu tentunya juga sektor kesehatan atas kondisi terdampak Covif-19,” katanya

Ia menyebutkan, perubahan APBD dimungkinkan apa bila terjadi perkembangan yang tidak sesuai dengan asumsi kebijakan umum APBD terdapat keadaan yang menyebabkan penggeseran anggaran sebagaimana dalam perda 12 tahun 2019 tentang pengelolaan keuangan daerah.

"Rancangan Perda Perubahan APBD 2022 semoga setelah di sampaikan ini dewan yang terhormat berkenan bersama Pemerintah Daerah OPD untuk membahasnya,"harapnya

Published: Fera

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre