Breaking News

Visitasi Peduli Wisata Awards Tahun 2022 di Kabupaten Agam

 


Agam, Figurnews.com - Peduli Wisata Award (PWA) merupakan bentuk apresiasi pemerintah Provinsi Sumatera Barat terhadap kab/kota dalam pertumbuhan pariwisata dan perkembangan ekonomi kreatif pada kab/kota bersangkutan.

Tim Penilai Peduli Wisata Award melakukan kunjungan ke Kabupaten Agam yang disambut oleh Wakil Bupati Agam di Aula Utama Kantor Bupati Agam, Selasa (23/8). 

Kepala Disparpora diwakili Kabid Destinasi, Drs. Doni Hendra, MM menyampaikan bahwa tujuan dari PWA yaitu untuk mengukur kepariwisataan di sebuah daerah. Pada PWA tahun 2022 ini, Kabupaten Agam masuk 9 besar untuk 3 kriteria penilaian.

“Terdapat 9 aspek penilaian kepariwisataan, yang pertama aspek komitmen Pemerintah Daerah terhadap Pariwisata yang ada di Kabupaten Agam, dibuktikan dengan keberpihakan anggaran terhadp pariwisata yang ada di Kabupaten Agam,” jelasnya.

Aspek penilaian yang kedua yaitu aspek tata pamong meliputi regulasi, kebijakan, dan segala bentuk SK yang mendukung kemajuan pariwisata. Ketiga, aspek lingkungan pariwisata yaitu menciptakan objek wisata yang ramah lingkungan.

“Yang keempat adalah aspek ekonomi pariwisata, maksudnya adalah bagaimana perekonomian di Kabupaten Agam dapat meningkat dengan adanya sektor pariwisata tersebut”, lanjutnya.

Selanjutnya aspek ekonomi kreatif dilihat dari sisi HAKI (Hak Paten) sebuah produk yang dihasilkan sudah sejauh mana penerapnnya di Kabupaten Agam. Lalu aspek pemasaran pariwisata, bagaimana strategi dan kebijakan Kabupaten Agam dalam memasarkan pariwisatanya.

Kemudian aspek pemberdayaan masyarakat yang mana kab/kota dapat memberdayakan community based tourism dan yang terakhir yaitu aspek desa wisata

“Kita tidak berbicara tentang objek wisata lagi, tetapi lebih lanjut tentang dampak yang ditimbulkan bagi masyarakat dari sisi ekonomi kreatif, sehingga terjadinya peningkatan pendapatan pada masyarakat itu sendiri dan peningkatan asli daerah untuk Kabupaten Agam”, Ucap Doni Hendra menutup kalimatnya.

Dilanjutkan dengan pemaparan mengenai Pariwisata di Kabupaten Agam oleh Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri,SH Dt. Parpatiah. Dalam pemaparan tesebut, beliau berharap semoga Kabupaten Agam dapat menjadi juara 1 pada ajang Peduli WIsata Awards tahun 2022.(Kominfo)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre