Breaking News

Unisbar Bakal Rekrut Tiga Calon Mahasiswa per Desa Sesui MoA di Mentawai

Foto: Penanda tanganan MoA Unisbar oleh Kepala DPMP2KB Mentawai, Nikholaus Sorotogok bersama Rektor Unisbar Hj. Nurtati didampingi Sekda Mentawai, Rinaldi. Selasa, (02/08/2022).

MENTAWAI. FN- Dalam menjalani amanah Tri Dharma Perguruan Tinggi, Universitas Sumatera Barat (Unisbar) Pariaman bakal merekrut 3 Mahasiswa di setiap Desa Kabupaten Kepulauan Mentawai. 

Hal itu dilakukan sebagai wujud peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) bersama Memorandum Of Understanding (MoU) Unisbar dengan Pemerintah setempat. Selanjutnya penanda tanganan Memorandum of Agreement (MoA) atau nota kesepakatan. 

"Malam ini kita melaksanakan penanda tanganan bersama MoA sebagai kelanjutan perwujudan dari MoU ke MoA yang berbentuk implementasion actions," ujar Rektor Unisbar Pariaman, Hj. Nurtati saat temu ramah bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kepala OPD dan Kepala Desa di Aula Bappeda Mentawai. Selasa, (02/08/2022). 

Ia menambahkan 3 orang di 43 Desa dan 10 Kecamatan Kabupaten Kepulauan Mentawai itu nantinya diberi 3 pilihan Program Studi. Ketiga Program Studi (Prodi) dalam 2 Fakultas Ekonomi dan Fakultas Hukum itu antara lain, Prodi Akutansi, Prodi Managemen Bisnis dan Prodi Hukum. 

Proses belajar dan mengajar dikatakan Rektor Unisbar itu dapat dilakukan secara Daring atau Dalam Jaringan dan juga secara Luring atau Luar Jaringan. 

"Nanti kita bagi waktu pertemuan kuliah tatap muka di kampus maupun pertemuan tatap muka di pusat ibukota kabupaten," tambahnya. 

Tercatat saat ini sebanyak 600 orang Alumni atau lulusan dari Unisbar yang berasal dari Kabupaten Kepulauan Mentawai. Pihaknya ke Mentawai juga bertemu dengan para alumni Unisbar atau gabungan dari 5 kampus itu. 

Kelima kampus sebelumnya dibawah Yayasan Pendidikan Sumatera Barat Non Profit Oriented (bukan untuk komersial) itu terdiri dari STIE, Stikes Nan Tongga, Stikes, Institut Sumatera Barat dan Akademi Kebidanan Pasaman Barat. 

"Kita adalah non profit oriented, kami melakukan pengabdian dari sini, dan ini akan berlanjut terus, Mentawai adalah yang ketiga dari program ini dari sebelumnya kota Pariaman dan kabupaten Padang Pariaman," paparnya Hj. Nurtati, Rektor Unisbar itu. 

Unisbar memiliki Program Perkuliahan Reguler dan Studi Lanjut dari Kebidanan dan Keperawatan. 

Ditempat yang sama, Pj. Bupati Mentawau, Martinus Dahlan melalui Sekda Mentawai, Rinaldi mengatakan, sebelum sudah ada MoU Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai bersama Unisbar pada bulan Juli 2022 lalu. 

Maka lanjutnya malam ini, Senin 02 Agustus 2022 dilanjutkan dengan penanda tanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS). Terdapat 2 OPD melakukan MoA dengan Unisbar yaitu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Mentawai dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PMDP2KB) Mentawai. 

"Kita nanti bersama PMDP2KB mendorong Desa untuk mengikuti program yang diadakan oleh Unisbar," ujar Rinaldi. 

Melalui Program tersebut pihak Unisbar telah meringankan bea kuliah 50 persen bagi Calon Mahasiswa. Sehingga lanjutnya, Desa dapat mengutus 3 orang warganya untuk kuliah di Unisbar. 

"Kemudian sebagian lagi dibiayai oleh Pemerintah Desa," tambah Sekda itu. 

Ia menghimbau Masyarakat dapat mengambil peluang ini. Pemerintah Daerah akan memfasilitasi untuk pengembangan SDM. 

Dijelaskan terdapat 2 Dana Desa yaitu Dana dari pusat (DD) dan dana dari Pemda (ADD). ADD berasal dari APBD Mentawai yang 10 persen diserahkan ke Desa. 

"Maka melalui ADD ini kita dapat memberikan kebijakan melalui regulasi pemerintah desa bersama DPMP2KB," tutupnya. 

Wartawan: Erik Virmando

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre