Breaking News

POSPESDA Tahun 2022 Tingkat Kabupaten Kampar Akan Segera Dilaksanakan

 


Kampar,  Figurnews.com– Jika tidak ada aral melintang, pada hari sabtu besok tanggal 13 Agustus 2022, Pekan Olahraga dan Seni Pondok Pesantren tingkat Daerah (POSPEDA) tingkat Kabupaten Kampar, akan dilaksanakan. Demikian disampaikan Kepala Seksi Pendidikan Diniyiah dan Pondok Pesantren (Kasi PD Pontren) H Dirhamsyah MSy, didampingi Ketua Panitia Dahlizar SE dan Sekretaris Gustrivoni SThI MPd MA, hari rabu (10/08/2022) di Kantor Kemenag Kampar.

Dirhamsyah menjelaskan, POSPEDA ini merupakan event kompetisi berjenjang bagi Pondok Pesantren, mulai dari Kabupaten, Provinsi sampai ke Nasional. POSPEDA ini bertujuan untuk mengasah kemampuan santri di bidang seni dan Olahraga. Melalui kegiatan ini nantinya diharapkan akan lahir santri-santri yang berbakat di bidang seni dan olahraga. Untuk di Kabupaten Kampar Insya Allah POSPEDA akan dilaksanakan selama 2 hari, yakni tanggal 13 & 14 Agustus 2022. 

Pada kesempatan yang saman Ketua Panitia Dahlizar SE menjelaskan, bahwa cabang yang akan di perlombakan tahun 2022 ini di bidang olahraga adalah silat, atletik dan senam. Untuk silat kategori yang akan dipertandingakan tunggal 1 (orang), Ganda (2orang), beregu (3 orang)  baik Putra dan Putri , sementara untuk atletik nomor yang diperlombakan 100,200,400,1500 M, lari estafet , tolak  peluru dan lompat jauh, sedangakan senam yang akan diperlombakan yaitu SKJ dan senam Santri.

Untuk dibidang seni akan diperlombakan yaitu kaligrafi hiasan mushaf, Pidato 3 bahasa (Arab, Inggris, Indoesia), Seni Hadrah dan Video Cerita Pendek, adapun tempat pelombaan Video cerita pendek dan Seni Hadrah di tempatkan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kampar, Kaligrafi dan silat di tempatkan di Pondok Pesantren Muallimin Bangkinang, sedangkan atletik 100.200.400,1500 dan senam di tempatkan di Stadion Tuanku Tambusai, cabang tolak peluru dan lompat jauh di tempatkan di Pondok Pesantren Assalam Naga Beralih, Sedangkan cabang Pidato 3 bahasa (Arab, inggris,Indonesia) di tempatkan di pondok pesantren MTI Tj Berulak, terang Dahlizar.

Sementara itu, Sekretaris Panitia Gustrivoni SThI MPd MA menyampaikan tema dari POSPEDA IX ini adalah santri  sehat, cerdas, mandiri dan toleran.  Melalui kegiatan ini diharapkan nantinya santri-santri di Indonesia akan lahir santri yang sehat secara jasmani, sehat, dan Toleran dalam merawat Keberagaman demi keutuhan NKRI.

Kemudian Ketua Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP) Kabupaten Kampar Dr H Zulkifi MEd berharap kepada seluruh pondok pesantren yang ada di kabupaten Kampar yang berjumlah 85 Pondok Pesantren untuk dapat barpatisipasi aktif dalam menyukseskan POSPEDA IX ini.

“Semua pondok pesantren yang ada di kabupaten Kampar supaya ikut serta dalam perlombaan, karena POSPEDA ini juga ajang untuk menjalin silaturrahmi bagi pondok pesantren, Insya Allah panitia akan bekerja Profesional,  bahkan untuk perlombaan cabang Seni semua juri diambil dari luar pondok pesantren, artinya hasilnya akan objektif demi menghasilkan bibit yang berkualitas  untuk menjadi utusan kabupaten Kampar di Provinsi Riau yang akan di adakan pada tanggal 19-20 Agustus 2022’ pungkas Zulkifli. (Adi Jondri)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre