Breaking News

Peluang Usaha Rumahan Bagi Ibu Rumah Tangga Dalam Rangka Peningkatan Ekonomi Dalam Rumah Tangga di Kabupaten Kampar

 



Kampar, Figurnews.com- Anda seorang ibu rumah tangga yang ingin memiliki penghasilan tambahan ?

Pada era pra covid 19 penguatan ekonomi keluarga sangatlah menentukan dalam hal kesejahteraan keluarga, banyak ibu ibu yang ingin berkontribusi dalam penguatan ekonomi  keluarga namun bingung mau usaha apa ,artikel ini akan bermamfaat buat ibu –ibu dalam menentukan jenis usaha yang cocok bagi ibu rumah tangga yang disebut usaha rumahan, ibu ibu tidak perlu keluar rumah namun bisnis tetap jalan dan mendatang kan tambahan penghasilan, hal ini akan memberikan keuntungan bagi ibu-ibu sebab pekerjaan rumah, pengawasan terhadap anak  bisa diselesaikan dengan baik.

Ibu-ibu yang kreatif sudahkah menentukan pilihan atau keputusan dalam menentukan usaha rumahan yang efektif dan efisien? Kalau ibu ibu masih ragu atau belum punya referensi berikut saya akan mencoba memberikan  berdasarkan kebutuhan dan kemampuan ibu ibu khususnya di kab Kampar.

1. Produk snack

Produksi makanan ringan  adalah peluang bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga  yang pelaksanaan proses nya sangat berkaitan dan selalu dilakukan dalam rumah tangga 

Siapa sih yang ngga suka snack makanan kecil yang biasanya menemani berbagai aktivitas seluruh masyarakat mulai aktifitas santai seperti nonton tv, kumpul keluarga sampai aktivitas yang serius seperti rapat atau acara hajatan keluarga

Snak sangat memiliki jangkauan pasar yang luas, sehingga membuat tingkat keberhasilan anda akan tinggi dengan usaha ini, agar mudah diterima atau laris dimasyarakat usahakan rasa snack nya sesuai dengan lidah masyarakat kampar, baik untuk bentuk, komposisi, rasa, kenikmatan  serta bahan lokal yang di pakai.

Untuk pemasarannya, ibu-ibu dapat memamfaatkanmedia massa on line seperti face book, instagram, WA  bahkan bila perlu juga memakai dan memfaatkan lapak lapak on line seperti shopee, lazada, tokopedia  dan lain lain.

2. Penjahit 

Jika anda mau berusaha dengan modal yang cukup murah, maka pilihlah kursus ketrampilan menjahit yang keahliannya dapat dipergunakan dan dimaamfaatkan dalam membuka peluang bisnis  jasa. Namun perlu juga keadaan lingkungan carilah yang belum ada usaha menjahit . Peluang usaha ini akan banjir orderan pada saat saat tertentu seperti lebaran atau mendekati tahun ajaran baru, dimasa seperti ini orderan berlipat ganda dari hari sebelumnya, pun bila baru membuka usaha sangat tepat waktunya. Namun di hari biasa pun masih bisa mengerjakan pesanan pakaian atau permak baju dan celana namun peluang usaha ini sangat menjanjikan.  minimal bahan baju sekeluarga bisa di buat tanpa memerlukan biaya yg besar lage untuk kebutuhan keluarga.

3. Katering harian

Sejenak kita melihat kesibukan masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan sehari hari  bahkan bekerja atau kuliah dari pagi sampai sore , hal ini sangat  tinggi  kemungkinan pekerja dari pagi sampai sore tidak memungkinkan untuk memasak dan mengolah bahan makan sendiri  di rumah alternatif nya adalah membeli kepada kedai kedai atau warung warung yang sudah tersedia, keadaan ini membuka peluang usaha bagi ibu-ibu untuk menerima orderan pesanan makan sesuai selera dan bahkan banyak juga setelah pesanan selesai di masak di berikan pelayan antar ke tempat.

Dalam bisnis ini katering harian, anda di mitakan kreatif dalam menyajikan makanan, dengan berbagai olahan serta bentuk serta rasa yang special  menghindari pelanggan bosan terhadap olahan nya.

4. Makanan tradisional

Berjalannya waktu, pemerintah selalu mengembangkan pariwisata potensi alam yang ada di kab kampar, seperti banyak tempat tempat objek wisata yang tumbuh, pertumbuhan objek wisata  diiringi dengan minat dan keinginan yang tiggi pula akan kebutuhan kuliner serta makanan tradisional  yang berasal dari aicon yang ada di kab kampar seperti ikan kopiek ndak batulang, ikan patin, sambalado kiabiu, dan olahan kue kue tradisional yang memang diburu sama penikmat wisata seperti Roti jalo, paniagham,lomang  puluik, srikayo, palito daun, obui ubi pilado kiambiu dan lain lain nya yang bagi ibu –ibu pengolahan makan tersebut sudah tidak asing lage dalam pengolahannya, peluang bisnis ini juga sangat menggiurkan , penikmat wisata diharapakan pulang kerumah dapat menenteng bahan makan tradisional kampar berbagai olahan dengan rasa yang tradisional juga kemungkinan didaerah lain tidak mereka dapatkan.

5. Laundry kiloan

Saya yakin dan percaya sebahagian besar ibu-ibu punya mesin cuci dirumah nya masing masing, anda dapat menggunakan mesin cuci dalam membuka peluang bisnis laundry kiloan, anggap saja modal awal anda mesin cuci dan ditambah sabun dan pengharum, di tambah strikaan, dan listrik.

Sasaran yang akan anda bidik adalah masyarakat yang tidak sempat mencuci seperti  mahasiswa dan pekerja kantor dan perusahaan yang enggan mencuci pakaian sendiri, alas kasur, bed cover dan dll.

Kesuksesan dari bisnis laundry kiloan ini adalah dengan selalu memuaskan konsumen, dengan menjaga selalu pakaian pelanggan agar selalu dalam keadaan baik , serta bersih, harum dan rapi.

6. Jualan pulsa

Zaman serba internet semakin banyak menggunakan sebagai kebutuhan masyarkat akan pulsa dan paket internetan, anda bisa menggunakan peluang bisnis ini dengan berjualan di rumah. Menjual pulsa dan paket internetan tidak memerlukan modal yang besar anda tidak perlu menyewa ruko atau toko cukup dari rumah saja, trik keberhasilan anda dalam peluang bisnis jual pulsa dan paket internetan adalah jangan memberikan hutang kepada pelanggan , karena akan menghambat perputaran modal anda.

Dari 6 peluang bisnis rumahan bagi ibu-ibu diatas khususnya  ibu-ibu di kab kampar yang manakah  yang menjadi pilihan prioritas untuk dijadikan peluang bisnis rumahan ??

Keputusan apapun yang menjadi pilihan anda , mulailah dengan penuh keyakinan dan persiapan yang matang, bila anda ragu silahkan berdiskusi bersama anggota keluarga lainnya yang mungkin dapat memberikan kontribusi ide dalam pemilihan usaha bisnis rumahan , atau juga bisa menghubungi konsultan bisnis rumahan yang ada, lakukan segera, satu hari anda menunda bisnis , Dua hari keuntungan mestinya anada dapat gagal di dalam keraguan bisnis, selamat mencoba !

Penulis : Harmi yelmi,.S.E,.M.M

Dosen   : Politekhnik kampar(prodi Administrasi Bisnis Internasional)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre