Breaking News

Pecahkan Rekor Muri, Kapolres AKBP Yoga Ikuti Pembentangan 777 Meter Bendera Merah Putih di Bumi Bahari Banggai


Banggai, Figurnews.com- Kapolres Banggai AKBP Yoga Priyahutama SH, SIK, MH, mengikuti pembentangan dan pengibaran Bendera Merah Putih sepanjang 777X4 Meter di dasar laut Kilo 5, Kelurahan Maahas, Kecamatan Luwuk Selatan, pada Selasa (30/8/2022) pagi. 

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang Ke-77 . 

Pengibaran yang memecahkan rekor muri sebagai pengibaran bendera terpanjang di Indonesia yang pernah dikibarkan di bawah laut, dipimpin langsung oleh Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin, dan dihadiri oleh Unsur Forkopimda Banggai, Wakil Ketua I DPRD Banggai, Batia Sisilia Hadjar, Mantan Wakil Bupati Banggai H. Mustar Labolo dan para Kepala Organisasi Perangkat Daerah. 

Sebanyak 200 orang penyelam yang terdiri dari Komunitas Freedive, Scuba Diver, Mahasiswa Fakultas Perikanan Universitas Muhammadiyah Luwuk, TNI dan Polri serta beberapa masyarakat umum yang berpartisipasi bertugas sebagai pembentang dan pengibar bendera. 

Bupati Banggai dalam sambutannya mengawali kegiatan mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk perjuangan generasi penerus bangsa tentu saja dengan bekerja sama membentangkan merah putih menjadi contoh besar perjuangan merebut NKRI 

"Bulan Agustus ini selalu dipenuhi dengan beragam perayaan khas kemerdekaan sebagai bentuk nasionalisme dan patriotisme terhadap bangsa dan negara di samping itu momen ini juga sebagai bentuk pemberian penghargaan dan penghormatan kepada para pahlawan sehingga negara ini bisa merdeka dan dapat dinikmati sampai dengan hari ini," kata Bupati. 

Untk itu, Bupati menjelaskan, dalam rangka menyemarakkan hari ulang tahun ke-77 kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022 dipandang perlu untuk menyelenggarakan suatu kegiatan yang semangat dan menyenangkan serta bertujuan untuk menggugah rasa cinta tanah air dan meningkatkan semangat nasionalisme seluruh masyarakat Indonesia. 

"Pengibaran bendera merah putih dilaksanakan dengan pemikiran bahwa bendera merah putih merupakan identitas atau simbol dan alat pemersatu masyarakat Indonesia yang selama bulan kemerdekaan akan berkibar di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia," jelasnya. 

Selain itu, Bupati menyebutkan, kegiatan uni dilaksanakan dengan menggalang partisipasi dan swadaya masyarakat baik secara pribadi kelompok organisasi kemasyarakatan unsur pemerintah maupun swasta sebagai bentuk perwujudan rasa nasionalisme dalam bentuk gerakan pengibaran bendera merah putih tentu saja kita kenal perjuangan para pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. 

"Sekarang ini perjuangan pahlwan belum selesai bahkan perjuangan itu masih akan dimulai dari sekarang olehnya marilah kita tingkatkan terus jiwa dan semangat 45 dengan mewujudkan jiwa pembangunan yang tangguh, jiwa yang semangat 45, jiwa dan semangat kebersamaan, jiwa yang mendahulukan kepentingan bersama di atas kepentingan golongan," sebutnya. 

sai sambutan, Ir. H. Amirudin menyerahkan secara simbolis bendera merah putih kepada AKBP Yoga Priyahutama selaku penanggung jawab pengibaran bendera di laut. 

Pelaksanaan pembentangan dan pengibaran Bendera Merah Putih berukuran 777 x 4 meter berhasil dilaksanakan sekitar pukul 10.00 Wita pada kedalaman 10 meter di dasar laut.(Rahmat)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre