Breaking News

Muatan lokal bahasa dan Sastra Minangkabau resmi jadi mata pelajaran di sekolah – sekolah di Kota Solok.


Solok Kota,Figurnews .com - Resminya mata pelajaran muatan lokal bahasa dan sastra Minangkabau ditandai dengan dilakukanya launching, Kamis (4/8/2022) oleh Walikota Solok Zul Elfian Umar bersama Wakil Walikota Solok Ramadhani Kirana Putra, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Tekhnologi Republik Indonesia, pimpinan Duta Digital Indonesia mitra resmi Google Indonesia Julio Sanjaya, Kadis Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat, Sekretaris LKAAM Sumbar, Balai Pelestarian Nilai Budaya Sumbar, dan Forkopimda Kota Solok.

Wako Zul Elfian Umar dan Wawako Solok Ramadhani Kirana Putra bersama perwakilan lembaga lainya melakukan pemukulan gong tanda resminya mata pelajaran muatan lokal Bahasa dan Sastra Minangkabau jadi mata pelajaran resmi di Kota Solok, dan program transformasi digital pendidikan Kota Solok.

Wako Solok mengungkap rasa bahagia dan harunya dengan masuknya muatan lokal Bahasa dan Sastra Minangkabau kedalam pendidikan Kota Solok, serta transformasi digital pendidikan Kota Solok.

“Kita semua bangga bahasa dan sastra Minangkabau bisa masuk dalam mata pelajaran di sekolah-sekolah di Kota Solok. Dengan masuknya muatan lokal tersebut berarti kita mewariskan adat dan budaya Minangkabau pada generasi kita, sehingga anak cucu kita tidak kehilangan sejarah nenek moyangnya,” ungkap Wako.

Seluruh elemen, lanjut Wako, harus memegang komitmen ini dengan sungguh-sungguh dan mengajarkan pada anak cucu kita. Komitmen ini harus dipegang baik-baik agar kedepan generasi muda Kota Solok tidak kehilangan identitasnya sebagai orang Solok dan orang Minangkabau.

“Ini lompatan besar yang telah kita lakukan untuk Kota Solok. Kita harus melakukan perubahan dan berani berinovasi agar kita bisa mengikuti perkembangan zaman dan kemajuan digital,” ujarnya.

Sementara, Sekretaris LKAAM Sumbar, Jasman memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas upaya Kota Solok dalam memasukan muatan lokal bahasa dan sastra Minangkabau di sekolah di Kota Solok.

“Ini sejarah dan sebuah lompatan besar bagi Kota Solok dan masyarakat Minangkabau dengan masuknya muatan lokal bahasa dan sastra Minangkabau kedalam mata pelajaran di Kota Solok. Hal ini harus diberitahukan pada daerah lainya agar mengikuti apa yang dilakukan Kota Solok,” tuturnya.

Kemudian, Julio Sanjaya, Pimpinan PT. Duta Digital Indonesia mitra resmi Google Indonesia menyebutkan sebuah kolaborasi sangat elok yang dilakukan Kota Solok.

Energi yang sangat indah ini akan membawa kemajuan bagi Kota Solok kedepannya. Dan PT. Duta Digital Indonesia akan menyediakan Google bagi solusi pendidikan semenjak tahun 2017.

“Ini luar biasa, dimana energi para pendidik, siswa, dan orang tua sangat tinggi, serta didukung penuh oleh Pemerintah Daerah Kota Solok. Ini awal, dan kami belum temui ini di daerah lainya. Ke depan kita akan tingkatkan perkembangan dunia digital menuju Kota Solok Smart City,” sebutnya.(ayu) 

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre