Breaking News

Kapolres Parimo Dampingi Kunjungan Kerja Kepala BNPB Dalam Penanganan Bencana Banjir Di Torue


Parigi, Figurnews.com- Hari minggu tanggal 31 Juli 2022 sekitar pukul 10.00 wita, bertempat di Lantai 2 Kantor Bupati Parigi Moutong telah berlangsung kegiatan kunjungan kerja Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto, S.Sos., M.M. dan rombongan dalam rangka penanganan darurat bencana banjir bandang di Kec. Torue Kab. Parigi Moutong. 

Kepala BNPB disambut oleh Wakil Bupati Parigi Moutong H. Badrun Nggai, S.E., yang langsung menggelar rapat yang juga dihadiri oleh : Direktur Dukungan Darurat BNPB Dr. Apt. Rustian, S.Si., M.Kes., Danrem Tadulako Brigjen TNI Toto Nurwanto, S.I.P., M.Si., Dandim 1306, Kapolres Parigi Moutong AKBP Yudi Arto Wiyono, SIK,MH, para Pimpinan OPD Kab. Parigi Moutong, Ketua DPRD Kab. Parigi Moutong Sayutin Budianto, S.Sos., Camat Balinggi, Kepala Desa Tolai I Made Gede Dwipayana dan Sekcam Tolai Niluh Elisabet, S.E. 

Dalam kegiatan tersebut adapun sambutan Kepala BNPB yaitu antara lain mengatakan Wilayah Kab. Parimo merupakan zona rawan bencana yang mana tahun 1930 terjadi gempa bumi menimbulkan tsunami, kemudian terjadi tsunami palu tahun 2018. Pada 1987 terjadi banjir serupa di Kec. Torue dan kembali lagi terjadi kembali bencana banjir di hari Kamis 28 Juli 2022.

Dari kejadian tersebut agar segera membentuk tim relawan bencana, Posko bantuan terhadap masyarakat pengungsi, Menyiapkan lokasi rumah hunian sementara untuk masyarakat yang terdampak, Melakukan penanaman pohon, Normalisasi sungai, Pencarian korban yang masih hilang dalam jangka 2 minggu, TNI / Polri membantu pencarian korban dan pembersihan rumah masyarakat.

Selanjutnya sekitar pukul 13.00 wita, rombongan Kepala BNPB  telah tiba di lokasi bencana alam banjir tepatnya di Desa Torue Kec. Torue Kab. Parigi Moutong dan langsung melakukan peninjauan di lokasi bencana banjir yang didampingi oleh Danrem 132 Tadulako Brigjen TNI Toto Nurwanto, S.I.P., M.Si., Kapolres Parigi Moutong AKBP Yudy Arto Wiyono, SIK,MH, Wakil Bupati Parigi Moutong Badrun Nggai, S.E., Wakapolres Parigi Moutong Kompol Putu Surya Bhakti, S.H., M.H., Pabung TNI Letkol Gatot Subagia, Kapolsek Torue IPDA I Komang Adi  Darmawa S.H. dan Rombongan BNPB.

Kemudian rombongan Kepala BNPB melakukan peninjauan lokasi bencana alam banjir di jalan Trans Sulawesi Desa Torue Kec. Torue.

Dilanjutkan melakukan peninjauan lokasi bencana banjir di Dusun 2 Desa Torue Kec. Torue, meninjau posko kesehatan yang bertempat di Masjid Al Ikhlas Dusun 2 Desa Torue dan disambut oleh Bupati Parigi Moutong H. Samsurizal Tombolotutu.

Di akhir kegiatan, Kepala BNPB menyerahkan bantuan bencana untuk Kecamatan Torue yang secara simbolis diterima oleh Bupati Parigi Moutong H. Samsurizal Tombolotutu.

Kapolres Parimo mengatakan kegiatan kunjungan Kepala BNPB berjalan lancar dan masyarakat sangat berterimakasih atas perhatian pemerintah yang dengan capat tanggap penanggulanhan bencana alam banjir di Kec.Torue. 

Polda Sulteng pun bersama Polres Parimo telah menyiagakan personilnya di lokasi bencana untuk melakukan evakuasi korban, pencarian korban yang hilang, pengamanan lokasi bencana, pengaturan arus lalulintas dan penyaluran bantuan makanan dan minuman, kiranya kehadiran kami dapat meringankan beban masyarakat terdampak bencana. " Ujar Kapolres Parimo. (Rahmat)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre