Breaking News

Kabid Pemdes DPMD Kabupaten Muba Gelar Sosialisasi Perbub Tentang Pemilihan Kepala Desa


MUBA,Figurnews.com - Panitia Penyelenggara pemilihan Kepala Desa  periode 2022- 2028 yang lebih dari 5 Balon ,  mengikuti  sosialisasi  Perbub Musi Banyuasin nomor 39 tahun 2022 tentang perubahan kedua atas peraturan Bupati nomor 82 tahun 2019 tentang peraturan pelaksanaan peraturan daerah Kabupaten Musi Banyuasin nomor 6 tahun 2019 tentang pemilihan kepala Desa. 

Dari pantauan awak media ,Rabu (24/8/2022) sosialisasi tersebut digelar oleh Kabid Pemdes DPMD Muba berlangsung lancar  di Gedung Aula DPMD  Kabupaten Muba, yang diikuti oleh sejumlah panitia penyelenggara pil kades  terdiri dari 8 desa .Yakni, 

Desa Peningkatan 7 Balon. 

Desa Suka damai 10 Balon. 

Desa Simpang Tungkal 9 Balon. 

Desa Karang Agung 7 Balon. 

Desa Sukamaju  6 Balon.

Desa Supat Barat 9 Balon.

Desa Babat Banyuasin 8 Balon. 

 Desa Simpang Bayat 6 Balon.

" Ya, Bakal Calon kepala desa yang memenuhi persyaratan dan  lebih dari 5 calon panitia akan melaksanakan seleksi tambahan, dengan dilakukan penilaian Kumulatif atas 4 variabel yakni, pengalaman kerja di lembaga pemerintahan, tingkat pendidikan, usia dan tes tertulis," jelas Kepala Dinas PMD Muba Richard Cahyadi AP. M.Si melalui Kabid Pemdes DPMD Muba Fadri AK, S.Sos. M,Si pada Figurnews.com diruang kerjanya .

Kemudian untuk penilaian sendiri ada 4 variabel yakni,  untuk pengalaman kerja di pemerintahan  bobot nilai 20%, ,untuk tingkat pendidikan  bobot nilai 30%, Untuk usia bobot nilai 20% dan untuk tes tertulis bobot nilai 30%," ungkapnya.

Selain itu sambung Kabid Pemdes Fadri AK, S.Sos. M,Si , untuk tes tertulis  akan ditentukan dari hasil jawaban yang benar. Ada 100 soal pertanyaan, untuk 1 jawaban yang benar akan dikalikan dengan nilai 0,3 yang hasilnya akan menjadi skor hasil tes tertulis.

" Kita jalankan Sesuai dengan Peraturan Bupati (Per Bub) Musi Banyuasin nomor 39 tahun 2022 tentang perubahan kedua atas peraturan Bupati nomor 82 tahun 2019 tentang peraturan pelaksanaan peraturan daerah Kabupaten Musi Banyuasin nomor 6 tahun 2019 tentang pemilihan kepala Desa," ungkapnya.


Kemudian di tempat terpisah Kasi Pemdes DPMD Muba Fitriadi SE  mengatakan bahwa, semua Balon Kades sesuai peraturan  yang ada, lebih dari 5 Balon akan mengikuti tes tambahan. 

" Benar, tes tambahan akan dilaksanakan pada tanggal 7 September  2022 mendatang, dengan medatangkan tim  penilaian dari Unsri,"  pungkasnya.  

Ia berharap kepada para Bolon kades  yang ikut dalam tes tambahan nantinya , tetap menjujung  tinggi peraturan apapun hasilnya yang di dapatkan," harapnya.(Dr)

Editor posting  : DARMANTO 

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre