Breaking News

Jorong Sungai Tarab Kembali Gelar Alek Pacu Jawi

 

Tanah Datar, Figurnews com - "Alek pacu jawi menjadi salah satu warisan budaya tak benda kebanggaan Luhak Nan Tuo, yang terbukti mampu menarik minat wisatawan lokal bahkan mancanegara untuk datang menyaksikannya, terus kita lakukan promosi juga," kata Bupati Eka Putra saat membuka alek pacu jawi di Sawah Batuang Jorong Sungai Tarab Nagari Sungai Tarab, Sabtu (27/8/2022).

Dikatakan Eka, untuk kembali mempromosikan potensi wisata andalan Tanah Datar itu, beberapa waktu lalu Pemerintah Daerah telah memasang banner  atau iklan wisata di Bandara Internasional Minangkabau (BIM). 

"Alek Pacu jawi menjadi salah satu banner dari empat banner potensi wisata yang dipromosikan di BIM, selain Istano Basa Pagaruyung, Puncak Pato dan Puncak Aua Sarumpun," kata Eka. 

Hal ini, kata Eka, di samping menjadi kebanggaan dan andalan Tanah Datar untuk menggaet wisatawan untuk berkunjung, alek pacu jawi juga terbukti membuat roda perekonomian masyarakat bergerak.

Sementara itu Ketua PORWI Tanah Datar A Dt. Indomo mengatakan, pelaksanaan Alek Pacu Jawi selepas pandemi sudah rutin dilaksanakan setiap sabtu. 

"Alek pacu jawi sudah bisa dilaksanakan secara rutin, namun Sabtu kemarin sempat absen karena sawah lokasi pacu banyak yang kering, namun Alhamdulillah hari ini bisa kita laksanakan lagi," katanya. 

Dikatakan A Dt. Indomo, antusias masyarakat cukup tinggi, karena alek ini juga menjadi ajang silaturahmi sekaligus hiburan bagi masyarakat. 

"Insya Allah, ke depan sesuai harapan kita semua, PORWI Tanah Datar bakal membuat agenda rutin untuk alek pacu jawi ini, karena tradisi budaya kita ini memang sudah terkenal sampai manca negara dan menjadi kebanggaan kita semua," katanya. (Sutan/Pro)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre