Breaking News

Inspektorat Aceh Utara (Tak) Bernyali, BUMDes Ulee Geudong Vakum


Aceh Utara, Figurnews.Com - 

Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Desa Ulee Geudong, Kecamatan Sawang, Aceh Utara masih menghadapi sejumlah kendala. Alhasil   BUMG desa setempat Vakum alias mati suri. Rabu (03/08/2022)

KI, salah seorang warga Desa Ulee Geudong kepada Figurnews.Com menuturkan bahwa BUMDes di desanya telah 2 tahun lebih vakum, padahal tiap Musrenbangdes dana selalu di alokasikan tiap tahunnya.

Faktor lain penyebab mati suri BUMG, kata KI, adalah lemahnya dukungan politik dari kepala desa. 

Menurut dia, seakan-akan kepala desa yang hanya membentuk BUMDes sekedar formalitas dengan penyertaan modal yang minim.

Penyertaan modal dari desa sendiri yang disalurkan melalui anggaran dana desa (ADD), besarannya beragam mulai dari Rp 50 juta sampai Rp 200 juta.

"Masalah lain, ada juga BUMDes yang kolaps karena jasa simpan-pinjam, di mana banyak yang yang dipinjamkan kepada warga dan belom lunas dikembalikan," sebut KI.

Berkaca dari kondisi tersebut, dirinya mengimbau BUMDes tidak menjadikan jasa simpan-pinjam sebagai prioritas. Lebih baik, kata dia, BUMDes bergerak juga pada usaha yang mendorong kesejahteraan warga secara umum.

Maka dari itu saya berharap pihak inspektorat Aceh Utara untuk turun ke desa, supaya masyarakat juga tau kemana dana BUMG selama dua tahun ini mengalir karena BUMG juga Vakum.

Ki juga mendesak pendamping desa setempat, untuk mengoptimalkan kinerjanya karena pendamping desa memiliki tugas utama yaitu mendampingi Desa dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa, kerja sama Desa, pengembangan Badan Usaha Milik Desa, dan pembangunan yang berskala lokal Desa dengan wilayah kerjanya berada di kecamatan dengan spesifikasi sesuai kebutuhan dan kondisinya. Tutup KI.

Suryadi selaku Sekretaris Desa (Sekdes) Ulee Geudong, saat dikonfirmasi Figurnews menyebutkan bahwa dirinya tidak tahu permasalahan tentang BUMG karena dirinya tidak termasuk dalam struktur pengurus.

Sampai Berita ini diturunkan, Keuchik (Kepala Desa.Red) Ulee Geudong Maulidin Alibasyah belom bisa dikonfirmasi.

Pesan Whatshap Yang dikirim Figurnews ke 08526035XXXX cuma di Reading dengan tanda dua cheklist biru.(ajn)

Laporan : Junaidi

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre