Breaking News

HUT RI ke 77 , Disperindag Muba Diduga Ancam Bongkar Lapak PKL


MUBA, Figurnews.com -  HUT RI ke 77  jatuh pada tanggal 17 Agustus 2022 adalah sebagai wujud Kemerdekaan bangsa Indonesia. Namun dibalik semua itu Kemerdekaan justru tidak dimiliki oleh wong cilik yakni Pedagang Kaki Lima (PKL). Pasalnya, Lapak PKL diwilayah Kecamatan Sekayu, diduga terancam  dibongkar paksa oleh Disperindag Muba.

Dari penelusuran Figurnews.com, Sabtu (20/8/2022) perihal terkait surat edaran  yang dikeluarkan oleh Disperindag  Kabupaten Muba ,Jumat 19 Agustus 2022, No, B-302/1102/DAGPERIN/2022  dengan prihal , penertiban pedagang Kaki Lima (PKL) dalam Kecamatan Sekayu.Sejumlah UNKM di wilayah tersebut diduga terusik dan tak mempunyai kemerdekaan yang layak.

Kodir salah satu  PKL diwilayah Kecamatan Sekayu mengatakan,setidaknya di momen  HUT RI ke 77 tahun ini,pemangku penguasa seharusnya memberikan apresiasi terhadap UNKM salah satunya PKL, yang telah berjuang melawan lemahnya ekonomi pasca pandemi Covid 19  selama kurun waktu dua tahun belakangan ini.

" Mana Muba maju berjaya , yang selalu di suwarakan oleh pemangku penguasa Muba. Kami  wong Cilik dan kami hanya bisa menirukan yang sering diucapkan oleh pemangku penguasa," ungkapnya.

Kodir berharap kepada pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin agar lebih bijak, terhadap wong cilik.

" Alhamdulillah dan bersyukur sebagai PKL seperti ini. Saya dapat menghidupi keluarga dan menyekolahkan anak ," pungkasnya.

Senada ditempat terpisah Indafikri selaku Praktisi Hukum yang juga sebagai Kabid Hukum  DPC AWDI  Muba angakat bicara, Sebagai bagian anggota masyarakat kami menilai , diksi/narasi yang digunakan pada surat  Kadis Perdagangan dan Perindustrian tertanggal 19 Agustus 2022, nomor : B-302/1102/DAGPERIN/2022 yang ditujukan kepada Para Pedagang Kaki lima (PKL) adalah sangat melukai rasa damai dan nyaman bagi para PKL. Terlebih saat ini masyarakat Muba sedang bergembira ria merayakan hari kemerdekaannya sebagai bangsa yang merdeka. 

" Sebagai bagian kecil anggota masyarakat, bertanya -tanya apakah tidak ada narasi lain yang lebih sejuk, mendamaikan, serta menentramkan yang dapat dikatakan oleh penguasa dan  apakah para penguasa tidak melihat, dan merasakan pasca bencana virus pandemi Covid-19, ekonomi, terutama para PKL tersebut porak poranda ? 

Apakah ada jaminan kiranya PKL ini berhak mendapatkan ketenangan dalam berusaha, hanya untuk sesuap nasi ?

Inikah hadiah terindah perayaan kemerdekaan 77 tahun Indonesia Merdeka, dimana mottonya "PULIH LEBIH CEPAT BANGKIT LEBIH KUAT" , Pungkasnya.

Semetara guna keberimbangan pemberitaan, saat di konfirmasi oleh awak media  Disperindag Muba terkait surat edaran  yang dikeluarkannya hingga berita ini terbit belum memberikan hak jawabannya.(Dr)

1 komentar:

  1. Ngakak, caro nulis bae berantakan.. malu uy di baco wong 🤣🤣

    BalasHapus

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre