Breaking News

Global Times: CPEC jadi landasan untuk modernisasi ekonomi di wilayah lokal secara berkelanjutan


BEIJING, Figurnews.com  -- 

Perkembangan Koridor Ekonomi Tiongkok-Pakistan (China-Pakistan Economic Corridor/CPEC)—inisiatif konektivitas internasional—untuk menghubungkan berbagai pasar di dalam dan seluruh wilayah merupakan langkah berikutnya yang perlu diambil. Hal ini disampaikan Perdana Menteri Pakistan Shehbaz Sharif kepada Global Times dalam sebuah wawancara eksklusif baru-baru ini. Dia juga menyambut keikutsertaan pihak ketiga dalam proyek unggulan Belt and Road Initiative tersebut.

Sejak terbentuk pada 2013, CPEC terus membuat perkembangan nyata secara cepat. Dalam dekade terakhir, CPEC membantu Pakistan mengatasi kemandekan suplai listrik dan infrastruktur. Maka, langkah ini menjadi landasan untuk modernisasi ekonomi yang berkelanjutan, seperti yang dijelaskan Sharif. 

"Setelah pihak ketiga mulai terlibat, kami berharap, semakin banyak negara sahabat yang memanfaatkan peran unik Pakistan di persinggungan pasar-pasar baru, mencerminkan kerja sama yang saling menguntungkan sebagai prinsip CPEC."

Sebagai inisiatif konektivitas internasional, perkembangan CPEC untuk menghubungkan berbagai pasar di dalam dan seluruh wilayah merupakan langkah berikutnya yang perlu diambil, menurut Sharif.

Sharif berkata, CPEC ingin menyatukan langkah bersama untuk mewujudkan kesejahteraan dan stabilitas. Pendekatan ini tidak menyasar, dan tidak ingin mengabaikan pihak mana pun. Seperti yang disampaikan Sharif, dia berharap, proyek ini akan terus menginspirasi kerja sama internasional, serta turut mematahkan siklus kemiskinan dan konflik.

Dengan menjadikan hal tersebut sebagai prinsip utama, CPEC bukanlah sebuah "ancaman", kecuali bagi pihak yang memiliki perspektif zero-sum, dan lebih suka melihat "rakyat kami tetap tertinggal dari roda pembangunan", seperti dijelaskan perdana menteri Pakistan tersebut. 

Pakistan mendukung perluasan China-Pakistan Economic Corridor (CPEC) ke Afghanistan, menurut Sharif. "Harapannya, langkah tersebut akan menjamin kesinambungan hubungan internasional dengan Afghanistan. Tujuan akhirnya adalah Afghanistan dapat menjadi negara yang damai, stabil, sejahtera, serta terhubung dengan negara-negara lain sehingga berkontribusi terhadap stabilitas dan kesejahteraan wilayah secara jangka panjang."

Perdana menteri ini turut menyampaikan, dia telah berkunjung ke berbagai proyek CPEC, termasuk di Gwadar, demi memastikan proyek berjalan tepat waktu. Rampungnya proyek CPEC secara tepat waktu akan menjadi landasan yang baik untuk agenda mendatang dalam kerja sama ekonomi bilateral. Hal tersebut selalu menjadi prioritasnya.

Setelah kesuksesan tahap pertama, CPEC akan semakin diintensifkan, menurut Sharif. 

#. PRNewswire

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre