Breaking News

Festival Internasional Teluk Lalong 2022 Resmi Dimulai, Tarian Daerah dan Luar Negeri Pukau Ribuan Masyarakat Banggai

  


BANGGAI, Figurnews.com - Parade tarian asli Nusantara dan luar negeri berhasil memukau ribuan Masyarakat Banggai yang memadati Ruang Terbuka Hijau (RTH) Teluk Lalong, Kelurahan Kraton, Kecamatan Luwuk, pada Rabu Malam (25/8/22). 

Kolaborasi apik antara para pengisi acara, baik para penari asal daerah Banggai bersaudara, Kota Palu, maupun penampilan fantastis delegasi Filipina dan Korea Selatan menjadi sebab meriahnya acara pembukaan gelaran Festival Internasional Teluk Lalong Tahun 2022. 

Sebagai pembuka, para hadirin dan tamu undangan yang terdiri dari Unsur Forkopimda Sulawesi Tengah, Kepala-Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Banggai Bersaudara, Unsur Forkopimda Banggai dan jajaran Pimpinan Perangkat Daerah Banggai dihibur oleh Tarian Molabot yang dibawakan Komunitas Seni Rompong, kemudian Tarian asli Daerah Kaili oleh Penari Universitas Tadulako Palu. 

Usai pembukaan, berdasarkan pengamatan Tim Liputan DKISP Banggai, secara berurutan, tarian Tradisional Korea Selatan, Tari Sea-Sea dari Banggai Kepulauan, dan Tarian Rakyat Filipina sukses membuat para penonton terkesima. 

Perihal Festival Teluk Lalong sendiri, menurut Kepala Dinas Pariwisata Banggai, Drs. Paiman Karto saat menyampaikan laporan kegiatan, merupakan event tahunan Pemerintah Kabupaten Banggai yang rencananya akan dilaksanakan selama 6 hari, mulai tanggal 24 sampai dengan 30 Agustus 2022. 

Adapun rangkaian agenda pelaksanaan festival tersebut, lanjutnya, dimulai dengan penampilan seni budaya daerah, Central Celebes Walk, Festival Kuliner yang terdiri dari Festival Kopi dan Makanan Khas Banggai, Banggai Expo dan Lomba Olahraga Tradisional. 

"Festival Teluk Lalong, bersama dengan Festival Sea-Sea di Bangkep, dan Festival Sasampe di Balut merupakan bagian dari Festival Pesona Banggai Serumpun," jelas Paiman Karto selaku ketua panitia.

Festival Internasional Teluk Lalong Tahun 2022 dibuka secara resmi oleh Asisten I Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Ir. Moh. Faizal Mang, tetapi sebelum itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahudin Uno turut menyampaikan dukungan dan ucapan selamat atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

Wakil Bupati Banggai, Drs. H. Furqanudin Masulili dalam gilirannya menyampaikan sambutan, mengungkapkan bahwa pelaksanaan Festival Teluk Lalong bertujuan memperkenalkan sektor pariwisata di Banggai dan meningkatkan minat berbagai pihak untuk berwisata sekaligus melakukan aktivitas bisnis serta berinvestasi. 

"Target kita adalah menjadikan event ini sebagai salah satu pusat kegiatan nasional di bidang seni, budaya dan ekonomi," jelas dia. 

(Rahmat)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre