Breaking News

Diduga Inspektorat Muba Main Mata Dengan Balon Kades Incambene


MUBA, Figunews.com - Diduga aneh ada apa yang di lakukan  Inspektorat kabupaten Muba dalam pemberian Rekomendasi kepada para Bakal calon ( Balon) kades baik  yang menjabat atau mantan kades yang bermasalah mendapatkan Surat Bebas Temuan.

Hal ini terpantau oleh awak media sehubungan telah dikeluarkannya surat bebas temuan bagi kades atau mantan kades yang di duga banyak bermasalah serta  Balon kades 2022-2028  oleh inspektorat diduga main mata.

Diantaranya  diduga kades Talang piase Zul azmi yang sempat viral pemotongan BLT tahun 2020, dan BUMDesa  talang piase yang di duga tidak jelas. Konon pengurus BUNDes nya dan usahanya diduga  berada di kecamatan Sungai Keruh sedangkan Dana penyertaan modalnya dari desa Talang piase kecamatan Lawang wetan . Hal ini tidak ada  temuan dari Inspektorat Muba.

Selain itu juga , Mantan kades supat barat pada saat itu  tahun 2016 di demo warganya , sehingga meninggalkan jabatannya sebagai Kepala Desa  dan sampai buron karna di duga mengelapkan uang desa untuk pembangunan masjid dan kantor desa sampai sehingga di PAW. 

Sebelum masa jabatannya habis. Namun, sekarang diduga mendapatkan surat bebas temuan, kami menduga pihak Inspektorat hanya bekerja di atas meja tanpa mengecek atau mengaudit desa tersebut.

Disisi lain ,  Dinas PMD telah mengeluarkan surat nomor : T-141/458/DPMD-PD/1/2022.  prihal  : Penyampaian Data kades berakhir tahun 2022. 

Berdasarkan ketentuan pasal 28 ayat (2) huruf w PERDA 10/2021 Tentang Perubahan atas PERDA 6/2019 tentang Pemilihan Kepala Desa. Bahwa,  kelengkapan persyaratan calon kepala desa bagi yang pernah menjabat kepala desa atau Pejabat kepala desa adalah melampirkan aurat keterangan dari Inspektorat yang menerangkan tuntas temuan atau tidak ada temuan bagi kepala desa, Pejabat kepala desa yang mencalonkan diri menjadi kepala desa.

Untuk melaksanakan ketentuan yang di maksud di atas, berikut disampaikan daftar nama desa berakhir massa jabatan dalam pemeriksaan, atas kepatuhan dalam pengelolaan APBDes .

Sementara DPMD kabupaten Muba telah mengeluarkan surat tertanggal 4 Januari 2022  ,Prihal : Penyampaian Data Kades Berakhir tahun 2022 yang di tujuhkan kepada Inspektur kabupaten Muba.

Guna keberimbangan pemberitaan  dari pihak Inspektorat melalui  Irban saat dikonfirmasi sampai berita ini diterbitkan belum mendapatkan jawaban.(Dr/Tim)

Editor posting  DARMANTO

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre