Breaking News

Bupati Pasaman H Benny Utama Sambut Wamen Pertanian RI Ke Kabupaten Pasaman,

 


Pasaman,(Sumbar) figurnews.com 

Bupati Pasaman, H.Benny Utama sampaikan bahwa Kabupaten Pasaman penyumbang PDRB terbesar dari sektor pertanian serta penyangga pertanian dan termasuk lumbung beras di Provinsi Sumatera Barat dengan surplus lebih 200.000 ton per tahun.

Hal tersebut disampaikan di hadapan Wakil Menteri Pertanian,Harvick Hasnul Qolbi bersama rombongan saat kunjungan kerja ke Kabupaten Pasaman pada di Balerong Pusako Anak Nagari rumah dinas Bupati Pasaman, Jumat sore (12/8/2022)..

"Alhamdulillah, dimasa krisis inflasi seperti covid 19 dan sebagainya Kabupaten Pasaman yang terkecil dari daerah - daerah lainya, "ujar Benny Utama.

Kemudian, Kabupaten Pasaman penghasil ikan air tawar di Sumatera Barat, dengan hasil panen sebanyak 56.000 ton/ pertahun. Daerah pemasaran Provinsi Riau dan Sumatera Utara.

"Dengan SK Menteri KKP Kabupaten Pasaman dikukuhkan sebagai perkampungan ikan bersama enam daerah lainya di Indonesia", tuturnya.

Bupati Pasaman juga menyampaikan saat ini sedang dilaksanakan pembangunan pabrik pakan ikan mandiri di Kabupaten Pasaman.

Hal tersebut dilakukan disebabkan karena anggaran terbesar tersedot di pakan tersebut termasuk dengan pakan ternak ayam.

Bupati menyebutkan untuk bahan baku seperti jagung, dedak dan lainnya cukup  tersedia di daerah Kabupaten Pasaman.

Bupati Pasaman berharap kepada Wamen Pertanian, Kabupaten Pasaman layak dibangun pabrik pakan ternak.

Sementara itu untuk lahan  pertanian jagung Kabupaten Pasaman dengan luas sekitar 17.500 hektar  dengan hasil panen 50 ton perhari.

Mengakhiri paparannya Bupati Pasaman mengatakan mengucapkan selamat datang  kepada Wamen  bersama rombongan di Kabupaten Pasaman.

"Semoga dengan kehadiran yang pertama ini akan terus berkelanjutan kehadiran ke Kabupaten Pasaman, pungkasnya.

Sementara itu Wamen Pertanian, Harvick Hasnul Qolbi menyebutkan kelompok tani adalah ujung tombak atas kemajuan suatu daerah yang berbasis pertanian, peternakan dan perkebunan.

Ia juga menyampaikan semoga dengan kehadirannya bersama rombongan ke Kabupaten Pasaman dapat merefleksikan apa apa yang di mohonkan oleh Pemerintah Daerah.

Kita buat industrinya, Pemerintah pusat siap membantu baik investor swasta maupun Kementerian Pertanian," ujar orang nomor dua di Kementan RI.

Mengakhiri sambutannya Wamen mengatakan optimalisasi BUMD sektor pangan ini bertujuan agar hasil kegiatan pasca panen dapat dikelola lebih efisien.

Pasaman kedepannya bisa lebih maju terutama masyarakat yang berbasis petani, pekebun dan peternakan," tutupnya.

Dalam kesempatan tersebut  Wamen Pertanian memberikan bantuan berupa Sarana Produksi (Saprodi), Alat Mesin Pertanian (Alsintan), hingga obat-obatan untuk penyakit mulut dan kuku (PMK).

Turut hadir pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Pasaman,Sabar AS, Sekretaris Daerah, Staf Ahli/Asisten dilingkungan Pemkab Pasaman, Kepala SKPD dan Kelompok Tani serta Petani Milenial dan Jurnalis. (Tim)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre