Breaking News

𝗦𝗘𝗞𝗔𝗕 𝗕𝗔𝗡𝗚𝗚𝗔𝗜 𝗥𝗘𝗦𝗠𝗜𝗞𝗔𝗡 𝗣𝗘𝗡𝗚𝗚𝗨𝗡𝗔𝗔𝗡 𝗠𝗔𝗦𝗝𝗜𝗗 𝗡𝗨𝗥𝗨𝗟 𝗙𝗔𝗟𝗔𝗛 𝗝𝗢𝗟𝗘


Banggai, Figurnews.com- Sekretaris Kabupaten Banggai 𝗜𝗿. 𝗔𝗯𝗱𝘂𝗹𝗹𝗮𝗵, 𝗠.𝗦𝗶. hari Sabtu (27/08/2022) meresmikan penggunaaan Masjid Nurul Falah Jole saat pelaksanaan kegiatan Tasyakuran atas selesainya pembangunan masjid ini. Hadir pada kegiatan peresmian Masjid Nurul Falah Jole ini Wakil Ketua DPRD Kabupaten Banggai Samsul Bahri Mang, beberapa Pimpinan OPD, Camat Luwuk Selatan, Lurah Jole dan jajarannya, para Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Perempuan serta para undangan lainnya dan para jamaah Masjid Nurul Falah.

Peresmian masjid ditandai dengan Pengguntingan Pita yang dilakukan oleh Sekab Banggai H. Abdullah yang dilanjutkan dengan peninjauan bangunan masjid. Masjid yang mulai dilakukan pembangunan fisiknya pada tanggal 14 Februari 2017 dilakukan dengan konsep bangunan Minimalis Modern. Sumber dana menurut Sekretaris Panitia Pelaksana Pembangunan Masjid Nurul Falah Jole ini berasal dari sumbangan individu, bantuan pemerintah, usaha pembangunan masjid, dan sumbangan dari organisasi serta perusahaan. Menurut laporan tersebut, jumlah penerimaan dana dari para donatur selama kurun waktu Desember 2016 s/d Agustus 2022 adalah sebesar Rp 3.640.757.980,-. 

Mengutip dari Laporan Panitia Pembangunan, masjid ini berdiri dan berfungsi pada awal tahun 1982, ketika Jole saat itu masih berada dibawah Pemerintah Kelurahan Simpong. Bangunan awal masjid ini adalah 264 meter persegi. Seiring dengan berjalannya waktu, Masjid Nurul Falah Jole sudah tidak bisa menampung jumlah jamaah yang semakin hari semakin bertambah. Hal ini terlihat pada waktu-waktu tertentu, seperti shalat Jumat, shalat Tarwih, dan peringatan hari-hari besar Islam, yang pelaksanaannya menggunakan sebagian halaman dan teras-teras rumah tetangga, karena kondisi masjid sudah tidak mampu lagi untuk menampung jamaah yang ada. Sehingga perlu dilakukan pengembangan menjadi 2 lantai. Pelaksanaan ini didasarkan pada SK Takmir Masjid Nurul Falah Jole Nomor 04/SK-MNF/XII/2016 tanggal 19 Desember 2016 tentang Pembentukan Panitia Pembangunan Masjid Nurul Falah Jole serta diperkuat dengan SK Lurah Jole.

Saat melakukan peninjauan di dalam masjid ini, interior masjid terlihat mewah. Kubah yang dipunyai masjid ini, disinyalir merupakan kubah masjid terbaik yang ada di Kabupaten Banggai. "Nilainya adalah Rp 677.977.500,-," begitu papar Sekretaris Panitia Pembangunan saat menyampaikan laporan.

Terkait dengan pembangunan Masjid Nurul Falah ini, Sekretaris Kabupaten Ir. Abdullah, M.Si. atas nama Pimpinan Pemerintahan Kabupaten Banggai, menyampaikan ucapan terima-kasih dan penghargaan yang setinggitingginya kepada Panitia Pembangunan Masjid Nurul Falah Jole serta masyarakat Kabupaten Banggai dalam upaya membangun masjid, disertai harapan semoga dengan dibangunnya Masjid Nurul Falah Jole ini, akan menambah serta meningkatkan ibadah kita kepada Allah SWT. "Saya mengajak kita semua, juga segenap masyarakat Kabupaten Banggai, utamanya masyarakat muslim Kelurahan Jole, kiranya kehadiran kita di atas pentas peradaban umat manusia dapat menjadi perekat pemersatu ummat, dan menjadikan kegiatan ini sebagai tonggak pembaharuan tekad untuk lebih mengeratkan tali-silaturahmi," pesan Bupati Banggai melalui sambutan tertulis yang dibacakan Sekab Banggai. (Rahmat)

Pasca dilakukan peresmian dan peninjauan fisik bangunan Masjid Nurul Falah, Sekab Banggai H. Abdullah atas nama Bupati Banggai mengukuhkan Pengurus Dewan Kemakmuran Masjid Nurul Falah Jole untuk Masa Bhakti Tahun 2022-2025.

(𝘉𝘢𝘨𝘪𝘢𝘯 𝘗𝘳𝘰𝘬𝘰𝘱𝘪𝘮 𝘚𝘦𝘵𝘥𝘢 𝘒𝘢𝘣𝘶𝘱𝘢𝘵𝘦𝘯 𝘉𝘢𝘯𝘨𝘨𝘢𝘪/𝘢𝘩𝘵)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre