Breaking News

Astra Financial Harapkan Momen GIIAS 2022 Akan Terus Dorong Kinerja Positif


● Layanan pembiayaan & asuransi Astra Financial terus mengalami pertumbuhan di

semester pertama tahun ini

● Melalui FIFGROUP, ACC, TAF, Asuransi Astra, dan Astra Life, Astra Financial siap

untuk mendukung industri otomotif dengan layanan pembiayaan dan asuransi yang

prima

● Menjawab tantangan di era digital, unit bisnis Astra Financial senantiasa

mengembangkan layanan digital yang mudah dan aman


JAKARTA, Figurnews.com  -- 

Astra Financial membawa semangat optimisme sebagai mitra keuangan bagi masyarakat Indonesia di GIIAS 2022 dan momen pameran ini diharapkan dapat terus mondorong kinerja unit bisnis Astra Financial yang pada akhirnya memberikan kontribusi mendorong pertumbuhan industri otomotif dengan menghadirkan berbagai layanan pembiayaan kendaraan. Selain itu, Asuransi Astra dan Astra Life hadir bagi pengunjung yang ingin memiliki asuransi, baik untuk kendaraan maupun keluarga.

Masih dalam rangkaian kegiatan GIIAS Jakarta 2022, Astra Financial bersama Forum Wartawan Otomotif (FORWOT) mengadakan acara yang bertajuk Astra Financial Talkshow dengan mengundang lima Chief Marketing Officer (CMO) dari unit bisnis pembiayaan dan asuransi Astra Financial pada Sabtu (13/08/2022) . Obrolan bersama media tersebut, dihadiri oleh Antony Sastro Jopoetro selaku CMO FIFGROUP, Tan Chian Hok selaku CMO ACC, Budi Setiawan selaku CMO TAF, Wisnu Kusumawardhana selaku Marketing Retail Business Director Asuransi Astra, dan Christopher Pangestu selaku Chief Partnership Officer (CPO) Astra Life ini membahas tentang perkembangan bisnis pembiayaan & asuransi Astra Financial serta perannya dalam mendukung industri otomotif. Kinerja bisnis perusahaan pembiayaan motor, PT Federal International Finance (FIFGROUP) mencatatkan pertumbuhan amount finance senilai Rp15,50 triliun pada Semester I - 2022 meningkat 0,60% dibandingkan periode sama tahun lalu. Dari sisi jumlah booking unit terjadi penurunan sebesar 1,71% menjadi 1,26 juta unit pada Semester I - 2022.

Dengan kinerja tersebut, pada periode Semester I tahun 2022, FIFGROUP membukukan pertumbuhan kinerja positif dengan peningkatan laba bersih sebesar 58,65% menjadi Rp1,51 triliun dari periode tahun sebelumnya yang hanya mencapai Rp949,27 miliar, didukung oleh lima lini bisnis FIFGROUP, yaitu pembiayaan sepeda motor baru (FIFASTRA), pembiayaan multiguna (DANASTRA), pembiayaan multiproduk (SPEKTRA), pembiayaan usaha mikro (FINATRA), dan pembiayaan syariah (AMITRA). Dari sisi pembiayaan mobil, PT Astra Sedaya Finance (ACC) mencatatkan pertumbuhan amount finance menjadi Rp16,7 triliun dengan jumlah unit finance sebesar 97.365 unit pada semester satu tahun 2022 ini atau meningkat 19,26% senilai Rp 14 triliun dengan jumlah unit finance sebesar 93.316 unit pada periode sama tahun lalu. Hal tersebut memberikan pertumbuhan laba bagi ACC sebesar Rp747 miliar yang naik 43% dibanding periode yang sama tahun lalu yaitu Rp523 miliar.



Pertumbuhan positif juga dialami TAF yang pada semester pertama 2022 berhasil menyalurkan pembiayaan sebesar Rp9,2 triliun, naik sebesar 48,39% dibanding periode sama tahun sebelumnya, yaitu Rp6,2 triliun. Secara jumlah unit finance, terjadi pertumbuhan pada semester pertama yang mencapai 45.760 unit, di mana jumlah tersebut naik 35,14% dibanding periode sama tahun 2021 mencapai 33.861 unit. Kinerja tersebut mendorong pertumbuhan laba bersih TAF pada semester pertama tahun 2022 dengan pencapaian sebesar Rp241 miliar, naik 53% dibandingkan periode sama tahun 2021, yaitu sebesar Rp157 miliar.

Pada semester satu tahun 2022 ini, Asuransi Astra mencatat pertumbuhan positif pada premi bruto total sebesar 7% dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Hal serupa juga terlihat pada Astra Life yang pada semester I 2022 ini telah berhasil membukukan total tertanggung sebanyak 3.72 juta jiwa dengan pertumbuhan sebesar 13% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya, atau hampir 9x lipat sejak Astra Life pertama kali hadir di tahun 2014.Strategi Pengembangan Bisnis Astra Financial

Dalam rangka mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional, FIFGROUP menghadirkan layanan baru yaitu FINATRA yang berfokus terhadap pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Pengembangan bisnis juga dilakukan oleh ACC melalui layanan ACC Yes!, ACC ONE, ACC Digital Seamless Experience, dan ACC ONE On

The Web. Dengan inovasi yang berkelanjutan dan keberagaman produk, TAF menghadirkan mobile apps FLEX dan layanan baru TAF Online Services, yang telah terintegrasi dengan sentralisasi layanan pembiayaan TAF.

Asuransi Astra secara konsisten menerapkan strategi 3P yaitu portfolio, people, dan public contribution. Dengan menerapkan diversifikasi portofolio di tengah penurunan segmen kendaraan bermotor, Asuransi Astra menjadikan segmen non auto sebagai engine growth disertai dengan upaya perwujudan SDGs khususnya terkait bidang bidang kehidupan sehat.

Astra Life memperkuat kanal distribusi digital melalui jalur distribusi e-commerce milik Astra Life yaitu ilovelife.co.id, serta kolaborasi dengan beragam mitra bisnis strategis, baik di dalam maupun di luar ekosistem Astra.

Dukungan Layanan Digital yang Aman dan Mudah

Astra Financial senantiasa mengembangkan layanan digitalnya untuk dapat menjangkau kebutuhan konsumen kapanpun dan dimanapun. FIFGROUP berkomitmen untukmemberikan pelayanan terbaiknya salah satunya dengan meluncurkan virtual customer service (Fiona) pada tahun 2019, yang siap melayani konsumen selama 24 jam setiap hari pada aplikasi mobile. Sama halnya dengan ACC yang selalu mengedepankan customer satisfaction, pelayanan mulai dari pengajuan pembiayaan sampai kebutuhan informasi dapat dilakukan hanya melalui ACCONE app yang diluncurkan pada 2019 atau ACC ONE on the web yang telah diluncurkan sejak 2021. Mengedepankan teknologi dalam pelayanan pembiayaan, TAF meluncurkan produk bernama FLEXI pada tahun 2021, yang memiliki kecanggihan dan kebebasan, sehingga setiap konsumen dapat mengatur cicilan setiap bulannya sesuai dengan kemampuan finansial masing-masing.

Sejak tahun 2015, Asuransi Astra telah memulai digitalisasi produk dengan meluncurkan aplikasi Garda Mobile Otocare dimana pelanggan dapat mengajukan klaim hingga membeli berbagai kebutuhan otomotif dan website gardaoto.com dimana pelanggan dapat membeli polis Garda Oto secara online. Astra Life yang sejak awal juga fokus di digitalisasi turut memudahkan konsumen dalam memilih produk asuransi yang sesuai & pengajuan klaim online melalui situs e-commerce ilovelife.co.id dan aplikasi layanan nasabah yang akan diluncurkan di Bulan Agustus ini.

Promo Menarik Khusus bagi Pengunjung GIIAS

Sebagai perusahaan penyedia jasa pembiayaan mobil, ACC dan TAF menyediakan promo dengan bunga mulai 0,77% dan bebas biaya admin untuk tenor 1 tahun. FIFGROUP turut menawarkan promo pembelian motor Honda yaitu hemat angsuran sebesar Rp14 juta untuk motor Honda tipe ADV160 dan hemat angsuran Rp10 juta untuk tipe CB150X. Dalam rangka memperingati kemerdekaan Indonesia, FIFGROUP juga memberikan potongan angsuran Rp17 ribu dan Rp45 ribu untuk pengajuan dengan DP mulai 8%.

Dalam suasana kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, Asuransi Astra hadir dengan hadiah langsung bagi pembelian 178 Surat Pemesanan Kendaraan pertama secara tunai berupa asuransi kecelakaan diri Garda Me Micro. Astra Life turut menawarkan cashback menarik hingga 77% saat melakukan pembelian asuransi kesehatan murni melalui aplikasi Moxa. Special reward juga bisa didapatkan setiap pembelian AVA iBright Protector. Astra Life juga turut memberikan Perlindungan Jiwa untuk kredit kendaraan bagi nasabah TAF dan ACC.(*)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre