Breaking News

Aktivitas Mesin Stone Crusher Milik PT.Seneca, Diduga Sebabkan Polusi dan Kebisingan


Humbang Hasundutan, Figurnews.com --

Bertahun-tahun masyarakat Desa Hutajulu, Kecamatan Pollung Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara,mengeluhkan aktifitas pemecah batu atau Stone Crusher milik PT.Seneca. Pengamanan serta minimalisir adanya debu yang beterbangan akibat proses beroperasinya Stone Crusher itu, mengganggu warga sekitar. Debu-debu hasil pemecahan batu untuk pembuatan material Hotmix , bahkan masuk kerumah-rumah warga.

Hendry Lumbangaol, salah satu warga Desa sekitar yang lahan pertanian nya terdampak abu pecahan batu mengatakan, beberapa warga sudah pernah mengajukan keberatan secara lisan keberatan dan permintaan agar perusahaan itu menutup dengan kain agar debunya tidak beterbangan, tidak diindahkan perusahaan kontraktor  nasional itu.  Disini kami lihat Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Humbang Hasundutan, lemah dalam pengawasan,” katanya, Senin (17/7/2022).


Tidak hanya kerumah warga, lahan pertanian di sekitar lokasi, juga terdampak. Tanaman kopi petani, tidak bisa tumbuh subur, akibat adanya aktivitas yang tidak memperhatikan kesehatan lingkungan.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Humbang Hasundutan,  mengaku saat Wartawan media ini terjun  langsung ke Lokasi pemecah batu milik PT Seneca itu, Selasa 18/7/2022. Dalam hal ini, awak media bertemu dengan pihak perusahaan yang diwakili Sdr.Ade dan beliau mengatakan, bahwa perusahaan telah berdiri sejak tahun 2017 dan memiliki ijin lengkap termasuk dari kepala desa setempat dan untuk lahan pertanian terdampak abu kami berikan kompensasi kepada pemilik lahan,..Tapi saat kami konfirmasi lagi melalu jaringan WhatsApp menanyakan tentang ijin  Amdal dan besaran kompensasi kepada pemilik lahan terdampak abu, hingga berita ini diturunkan pihak perusahaan tidak memberikan jawaban

Wartawan media ini juga telah berupaya untuk konfirmasi dan klarifikasi kedinas lingkungan hidup Humbang Hasundutan tetapi selalu gagal karena kepala dinas selalu tidak ditempat.

Pantauan wartawan media ini, sisa-sisa pemecahan batu itu, beterbangan hingga ke jalan raya. Hal ini dikarenakan, lokasi perusahaan PT.Seneca itu, tidak jauh dari perkampungan, dan hanya 50 meter dari jalan lintas Doloksanggul - Sidikalang. Apalagi disaat musim kemarau ini, debu-debunya beterbangan hingga ke perkampungan warga akibat dibawa hembusan angin.(HS)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre