Breaking News

40 orang Peserta Bumdesa Ikuti pelatihan penyusunan Laporan Keuangan Menggunakan Aplikasi


MUBA , Figurnews.com – Pemerintah   Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin  melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Tata Cara Penyusunan Pelaporan Keuangan Badan Usaha Milik Desa (Bumdesa) melalui Aplikasi Angkatan ke III, di  Hotel Randik sekayu, Kamis (4/8/2022).

Bimtek angkatan ke III ini diikuti  40 orang peserta  yang terdiri dari 20  Bumdesa masing-masing   1 orang Direktur dan 1 orang operator Bumdesa.


Selaku narasumber dari BPKP provinsi Sumatera Selatan Impron Rosidi mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya untuk  penguatan BumDes. Menurutnya, salah satu ciri desa yang maju itu dilihat dari perkembangan Bumdesa nya.

Impron menjelaskan, Bumdes merupakan lembaga usaha yang didirikan berdasarkan Peraturan Desa dan peranannya akan semakin penting kedepan karena Bumdes menjadi penyumbang Pendapatan Asli Desa (PAD) itu sendiri.

“Bumdes juga memiliki peran sebagai roda penggerak perekonomian di desa dan memiliki dua orientasi ekonomi yaitu orientasi ekonomi bagi Bumdes dan juga orientasi ekonomi bagi masyarakat desa,” ujarnya.


Lanjut Impron, pada orientasi ekonomi, Bumdes berperan sebagai entitas bisnis yang beroperasi untuk menjalankan usaha ekonomi pada berbagai bidang seperti usaha dagang, jasa dan produksi.

Dari semua usaha tersebut kata Impron, bertujuan untuk menghasilkan nilai lebih agar kelangsungan hidup  Bumdes dapat tetap terjaga.

“Jaminan terhadap kelangsungan hidup usaha Bumdes tidak terbatas, karena merupakan unit usaha yang dapat memberikan kontribusi bagi Pemerintah Desa tetapi juga sebagai motor penggerak ekonomi bagi masyarakat desa, sehingga penting bagi semua pihak untuk mengembangkan Bumdes,” jelasnya.

Impron berharap,kedepan Bumdes dapat mandiri dengan pengelolaan keuangan yang baik dan terarah. 

Karenanya  kata Impron, sangat diharapkan pengelolaan Bumdes dapat memenuhi kewajibannya seperti menyusun laporan keuangan, karena berdasarkan laporan keuangan ini dapat menentukan kinerja keuangan, volume usaha Bumdes serta jumlah yang akan dibagikan kepada para pemberi modal bagi hasil ke Pemerintah Desa atau hasil usaha desa," harapnya.

Di tempat yang sama,Kepala Dinas PMD Muba H Richard Cahyadi AP MSi melalui Kepala Bidang Perekonomian dan Pembangunan Desa Muhzen Alhifzi SE MSi yang disampaikan oleh Kepala Seksi Ekonomi Desa dan Badan Usaha Milik Desa  ,  Salim, SE, SKM, M.Kes.  pada  Figurnews.com di Hotel Randik Sekayu (4/8) sore tadi , bahwa di tahun kemarin kita sudah melatih  sebanyak 120  orang pengurus BUMDesa yang sudah berkemampuan untuk mencatat atau melaporkan secara manual. Ditahun ini, Alhamdulillah ada 60 BUMDesa yang melaksanakan Bimtek.

" Di angkatan ke 3 ini  kita dorong  20 peserta Bumdes masing-masing   1 orang Direktur dan 1 orang operator Bumdesa," ungkapnya.

Kita bagi 3 angkatan sambung Salim, dalam  kegiatan Bimtek tahun ini, untuk angkatan pertama dimulai tanggal 26 sampai 28  Juli lalu dan untuk angkatan ke 2  juga sudah dilaksanakan pada tanggal 1 sampai 3 Agustus kemarin. 

" Nah, untuk angkatan ke 3 baru kita mulai hari ini Kamis, tanggal 4 sampai 6 Agustus mendatang," pungkasnya.(Dr)

Editor posting : DARMANTO

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre