Breaking News

Atraksi 36 Pendekar Tapak Suci Muhammadiyah Tampil Memukau di Tamiang Ujung Gading Pasaman Barat

Pasaman Barat, Figurnews.com--MPI - Silek Galombang dan Tambur Badarai yang disajikan 36 personel dari  PimDa Tapak Suci Putra Muhammadiyah Pasaman Barat tampil  mengiringi penyambutan rombongan Pimpinan Muhammadiyah dari Wilayah Sumatera Barat serta Daerah Pasaman Barat yang menghadiri rangkaian acara Hari Bermuhammadiyah di lingkungan perguruan Pondok Pesantren Mu'allimin Muhammadiyah Tamiang Ujung Gading Pasaman Barat pada Ahad hari ini (21/8). 

PIMDA TSPM Pasaman Barat menurunkan 36 Personil dari 2 cabang latihan yaitu Tamiang dan Paraman Ampalu. para pendekar remaja tersebut menampilkan Silek galombang diiringi tambur badarai serta atraksi Pencak Silat Ganda/berpasangan Tradisi bersenjata dan Beregu/berkelompok dengan begitu apik dan memukau. 

"Acara seperti ini adalah Alek gadangnya urang Muhammadiyah, maka harus diramaikan oleh kader-kader Muhammadiyah dengan semarak. Ortom, lembaga dan seluruh unsur Persyarikatan Muhammadiyah seperti Tapak Suci yang diibaratkan sebagai parik paga-nya Muhammadiyah, harus turut andil dalam menggembirakan dakwah Muhammadiyah itu," terang Fajar Hasyimi Pelatih Pimda TSPM Pasaman Barat yang antusias mengawasi penampilan anak latihnya di lokasi acara. 

Pencak Silat Ganda/berpasangan Tradisi bersenjata dan Beregu/berkelompok biasanya hanya dapat disaksikan dalam pertandingan laga pencak silat resmi. Bisa dimaklumi jika kemudian undangan dan segenap yang menghadiri acara hari bermuhammadiyah di Pondok Pesantren Mu'allimin Muhammadiyah Tamiang Ujung Gading tersebut menyambut dengan sukacita dan gembira, melihat angkatan muda Muhammadiyah dapat beratraksi bela diri dengan baik dan memukau. 


Pimda TSPM Pasaman Barat diketahui acapkali bertindak sebagai utusan Pasaman Barat dalam berbagai kejuaraan tingkat Provinsi maupun Nasional. Terakhir mengikuti Seleksi Atlet Remaja Pencak Silat PIMWIL XIV Sumatera Barat pada 13 - 14 Agustus 2022 di Padang. 

Sebagai salah organisasi otonom Persyarikatan Muhammadiyah, Tapak Suci Putra Muhammadiyah Pasaman Barat terus melakukan upaya pengembangan dan penguatan dirinya dengan rekrutmen serta latihan berkelanjutan. Selain itu, Tapak Suci juga ikut serta berperan dalam pelbagai kegiatan dan dakwah yang bersinergi dengan ortom dan lembaga Muhammadiyah lainnya, misal saat terjadinya bencana alam Gempa Bumi Talamau beberapa waktu lalu. Personel PIMDA TSPM Pasaman Barat diterjunkan langsung ke daerah terdampak membantu warga masyarakat membersihkan puing bangunan dan mendampingi memulihkan mental masyarakat terdampak. 


Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Pasaman Barat, Ronaldi menyampaikan harapan besarnya kepada ortom Tapak Suci Putra Muhammadiyah di Pasaman Barat agar senantiasa berbenah dan menjadi lebih kuat, mengawal misi dakwah  Muhammadiyah Pasaman Barat mewujudkan Pasaman Barat yang berkemajuan. 

"Kita bangga atas dedikasi dan keberadaan angkatan muda Tapak Suci Putra Muhammadiyah. Semoga kian tumbuh menyemarakkan dakwah kultural di Bumi Tuah Basamo ini," harapnya.

Selain menampilkan atraksi, personel PIMDA TSPM Pasaman Barat ikut menjadi pendonor darah saat acara tersebut. Sebagai bentuk empati bagi kemanusiaan.

(Dodi Ifanda)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre