Breaking News

Yayasan ANSA : TEKNOLOGI TOTAL ORGANIK MA-11, Keunggulan Integrated Ecofarming Pada Sektor Pertanian & Peternakan

 Yayasan ANSA : TEKNOLOGI TOTAL ORGANIK MA-11, Keunggulan Integrated Ecofarming Pada Sektor Pertanian & Peternakan 

Jakarta - Figurnews.com -  Bioteknologi Total [url=https://www.instagram.com/tv/CfldKXnJxZ3/?igshid=MDJmNzVkMjY=]Organik[/url] MA-11 yang ditemukan Dr. Ir. [url=https://www.ansa.sch.id/]Nugroho[/url] Widiasmadi Dipl. WRD. M.Eng. tahun 2007 sebagai ketua Yayasan ANSA mampu memberikan solusi yang efektif agar lahan dapat dimanfaatkan oleh usaha pertanian menggunakan teknologi tepat guna dan berwawasan lingkungan. Dalam jangka menengah dan jangka panjang, implementasi teknologi ini jika dikenalkan kepada masyarakat setempat akan dapat diterapkan sendiri secara mandiri sehingga nantinya masyarakat mampu memanfaatkan lahan, bahkan yang marginal/tidak subur.

Secara lebih spesifik, Teknologi Total Organik MA-11 ini akan membantu mewujudkan secara optimum dan berkelanjutan visi integrated ecofarming pada lahan-lahan [url=https://www.instagram.com/p/CgBMA-wpGMl/?igshid=MDJmNzVkMjY=]pertanian[/url] dan peternakan. Integrated ecofarming melibatkan sinergi antara sektor 

Jika visi integrated ecofarming ini berhasil dilaksanakan maka sekaligus akan menjawab berbagai permasalahan dalam sektor pertanian sebagai berikut:

1. Tingkat ekonomi petani pada umumnya rendah (miskin);

2. Degradasi lingkungan terus menurun akibat akumulasi pupuk kimia dan pestisida kimia;

3. Kelangkaan pupuk subsidi dihampir semua daerah dan amcaman krisis pangan lokal dan global.

4. Berbagai serangga/hama tanaman sudah kebal yang mengancam sektor pertanian;

5. Pakan ternak buatan pabrik tidak tersedia secara lokal sehingga harganya mahal;

6. Kualitas produk yang rendah (susu, daging, padi, sayur dll) dan tercemar bahan residu kimia (organophospate);

7. Berkurangnya lahan pertanian karena alih fungsi menjadi lahan non pertanian (industri, pemukiman dll);

8. Terjadinya krisis regenerasi petani .

Manfaat Mikroba Alfaafa (MA-11) sebagai Biofertilizer telah dirasakan oleh masyarakat petani, pekebun , peternak dan perikanan. Beberapa manfaat yang secara terukur bisa diperoleh dari pemakaian biofertilizer MA-11 adalah sebagai berikut:

1. Mampu menekan biaya produksi hingga 50 % atau lebih;

2. Meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen hingga 200 % atau lebih;

3. Memberikan keuntungan turunan (mulitiplier effect) secara ekonomi;

4. Memastikan pertanian ramah lingkungan dan berkelanjutan

5. Menghasilkan komoditas pertanian yang tahan terhadap iklim ekstrim akibat perubahan iklim global.

Cara kerja Ilmu Total Organik MA-11 selalu berhasil dengan baik karena menggunakan 5 Standard & Asesmen mulai dari :

1. Manajemen kandang yang menghasilkan standar kwalitas limbah cair (min 10.000 uS/cm) dan padat (min 2000 uS/cm.

2. Proses decomposting limbah padat menjadi Superbokashi (min 4000 uS/cm) dan limbah cair menjadi Biofarm (min 15.000 uS/cm)

3. Treatmen tanah dengan tujuan membentuk imunitas tanah dengan standar populasi mikroba min 100 juta/ gram tanah.

4. Pemberian pupuk dasar tanah pada masa vegetative dengan standar hara tanah min 1000 uS/cm

5. Pemberian pupuk dasar susulan pada masa generative dengan standar hara tanah min 2000 uS/cm

Untuk menjalankan Total Organik MA-11 Yayasan ANSA sudah siapakan Teknologi Mutahir 4.0 untuk mempermudah target kerja secara terukur dan terkontrol :

1. Digital manual & IOT (real time) disiapkan untuk mengontrol standar kwalitas limbah mentah , proses pembuatan pupuk oragnik dan hara tanah serta parameter tanah lain (pH, suhu, kelembapan, salinity) baik pada masa vegetative dan generative.

2. Untuk melalukan olah tanah terutama dalam proses penyehatan dan penyuburan tanah maka telah disipakan teknologi tractor remote control (RC) yang dapat dioperasikan dari jarak jauh dan tidak perlu turun ke sawah.

3. Untuk mencapai imunitas dan penyuburan tanah sesuai strandar maka dapat dilakukan penyebaran mokroba dan nutrisi dengan drone semprot (spraying) dengan cepat & akurat dalam lahan yang cukup luas.!

Untuk melayani masyarakat luas maka Yayasan ANSA memberikan jasa pelayanan sbb :

1. Program Kursus (paket 1 hari, paket 2 hari & pakert magang )

2. Sistem Pendampingan sampai Panen baik untuk perorangan, perusahaan atau instansi

3. Perancangan atau Peyewaan sistem IOT baik untuk : Soil Parameter, Hidromteri, Aquatic Parameter Livestcock & Fishseries Control

4. Perancangan atau Peyewaan sistem Drone untuk Soil Tretamen & Nutrition Sprayer

5. Perancangan atau Peyewaan sistem Tractor Remote Control untuk Olah Tanah .

Yayasan ANSA juga menyediakan tempat pelatihan bagi masyarakat umum yaitu di [url=https://g.co/kgs/qDoPSM]Ekowisata Taman Air Indonesia[/url] (ETASIA) yang merupakan [url=https://youtu.be/jc4F_fDNlG4]kawasan mata air dan Agrowisata Selo Pass[/url] (AGROSEPA) yang merupakan kawasan pegunungan , keduanya di Boyolali, ini merupakan tempat yang sangat menarik, alami dan nyaman. Kawasan ini juga sebagai Pusat Riset Pertanian Terintegrasi, Laboratorium Alam dan Kewirausahaan bagi siswa-siswi Homeschooling ANSA dan sekolah umum lainnya termasuk para milenial yang ingin menjadi petani kelas dunia. Tempat ini selain sebagai kawasan wisata alami juga dlengkapi resort/ penginapan dengan berbagai view luar biasa di bawah kaki gunung Merapi dan Merbabu. 

Sumber tulisan : [url]https://www.mediapatriot.co.id/2022/07/21/yayasan-ansa-teknologi-total-organik-ma-11-keunggulan-integrated-ecofarming-pada-sektor-pertanian-peternakan/[/url].

(Deva)


Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre