Breaking News

UPTD Taman Budaya Gerson Poyk Kupang Buka Ruang Kreatif Buat Pencinta Karya Seni

 


KUPANG( NTT). FIGURNEWS-Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Taman Budaya Gerson Poyk dibawa Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT terus membuka ruang kreatif bagi pencinta karya seni.

Saat ini UPTD Taman Budaya Gerson Poyk tengah menggelar pagelaran kesenian daerah yang dihelat dalam 5 tahapan dan saat ini telah memasuki tahap 2.

Pada pelaksanaan pagelaran tahap 2 berupa tari karya garapan baruyang dilaksanakan Jumat (15/7/2022) dibuka secara resmi oleh Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat yang diwakili Sekda NTT, Domu Warandoy, S.H, M.Si.

Dalam sambutan tertulisnya Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat menyampaikan maksud dan tujuan pelaksanaan pagelaran kesenian daerah.

Menurutnya, pagelaran ini dirancang  dengan maksud memberi ruang untuk mempertunjukan kemampuan para pelaku seni dalam menciptakan karya -karya seni.

Serta berupaya untuk mengajak pelaku seni budaya dan kelompok masyarakat untuk merawat dan memelihara kebudayaan tanah air tercinta, khususnya di Nusa Tenggara Timur.

 Dikatakan Gubernur Viktor Laiskodat Penggiat seni budaya bersama UPTD Taman Budaya  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT saling berkolaborasi sangat baik dalam mengembangkan seni tari baik tari garapan baru dalam upaya memajukan kebudayaan.

Salah satunya adalah pagelaran seni budaya daerah yang diselenggarakan dalam 5 tahap, dan saat ini sudah masuk tahap kedua dengan mengangkat bidang seni tari garapan baru. 

Dimana kegiatan ini sebagai wadah para pelaku seni untuk berkreatifitas dan berinovasi sehingga dapat menghasilkan kader -kader tari garapan baru sehingga bisa menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap tari garapan khususnya dikalangan generasi milenial.

Sementara itu Ketua Panitia, yang juga Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD ) Taman Budaya, Drs sofyan. Kurniawan, M.M   mengatakan, pagelaran kesenian daerah tahap II  tari garapan baru dengan mengambil tema: "Warisan budaya melahirkan peradapan besar manusia" dengan sub tema: "Keberagaman  budaya megajarkan kita arti nilai-nilai budaya leluhur". 

Kegiatan ini untuk meningkatkan apresiasi dan kecintaan masyarakat terhadapa pelaku seni, seniman generasi muda, bahkan generasi yang saat ini yang dikenal dengan generasi milenial terhadap seni dan budaya NTT.

Selain itu juga dalam rangka mewujudkan kebudayaan khususnya kemajuan budaya di NTT yang merupakan wadah bagi pelaku seni tari dalam berinovasi dan berkreatifitas.

Pelaksanaan kesenian daerah ini, akan dilaksanakan dengan 5 tahap dan saat ini sudah dua tahapan telah digelar yakni tahap 1 tari tradisional dan saat ini tahap 2 tari karya garapan baru.

 "Melalui pergerakan kesenian tahap II dengan kategori tari garapan baru ini, diharapkan karya-karya tersebut tidak menghilangkan ciri khas keaslian dari tari tradisional yang kita miliki, dan kesenian yang dimiliki NTT, tidak mengalami kepunahan," tandas sofyan.

Salah satu pelaku seni Magdalena Maria Genakalong saat ditemui di sela-sela kegiatan mengatakan, dirinya memiliki sanggar bernama Sanggar Madani yang berkolaborasi dengan POKSI Production yang merupakan pimpinan anak laki-lakinya, Ricki Randi Genakalong, SH berdiri sejak 5 tahun lalu

Dari Sanggar Madani sendiri itu berasal dari Gereja menjangkau anak-anak muda lewat bakat mereka dengan latar belakang ekonomi orang tua yang kurang mampu tetapi anak-anaknya punya bakat yang luar biasa. 

Selain itu juga, Anak-anak panti asuhan yang mempunyai latar belakang ketrampilan kreatif, diambil untuk dibimbing.

"Asesoris yang mereka pakai saat tampil itu juga, kami dibuat sendiri" ujarnya.

Dirinya berharap, seniman-seniman yang turun disetiap Gereja atau disetiap instansi itu diperhatikan. 

Karena pengalaman selama ini apabila ada even-even seniman bergerak sendiri untuk bagaimana bisa tampilkan anak -anak yang memiliki bakat dan talenta.(ER).

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre