Breaking News

Tanah Datar Baralek Gadang, Kapolda Serahkan Tujuh Benda Pusaka

 

Tanah Datar, Figurnews.com - Tanah Datar baralek gadang, diawali dengan arak-arakan menggunakan kereta kuda dari istano Silinduang Bulan dan dimeriahkan dengan kehadiran iringan 300 Harley Davidson Club Indonesia (HDCI), arakan jamba dan disambut dengan silek galombang serta diakhiri dengan makan bajamba, prosesi penyerahan benda pusaka raja-raja minangkabau dan alek gala kehormatan Tuanku Bandaro Alam Sati bapak Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa Putra dan Puti Sibadayu untuk Ny. Merthy Teddy Minahasa, Jumat (1/7/2022) di Istano Basa Pagaruyung berjalan hikmat dan lancar.

Bupati Tanah Datar Eka Putra dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Ketua dan pengurus LKAAM Sumbar dan LKAAM Tanah Datar yang telah menggagas bersama dan mempersiapkan dengan acara ini dengan baik. Selain itu ucapan selamat juga disampaikan kepada bapak Kapolda beserta isteri yang telah dianugerahi gelar kehormatan adat oleh pasukuan Piliang nagari Pariangan pada tanggal 16 Juni 2022 di rumah gadang Dt. Bandaro Kayo.

Selanjutnya atas nama Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Bupati Eka juga mengucapkan terimakasih yang sangat tinggi kepada bapak Kapolda yang telah mempercayakan 7 (tujuh) benda pusaka yang memiliki nilai budaya dan sejarah sangat tinggi kepada Pemerintah Kabupaten Tanah Datar. 

“Kepercayaan ini tentu sebagai kehormatan bagi kami, bagi kabupaten Tanah Datar dan seluruh masyarakatnya. Semoga benda-benda bersejarah ini semakin menambah kekayaan, budaya dan sejarah di kabupaten Tanah Datar, apalagi kabupaten Tanah Datar yang terkenal sebagai Luhak nan Tuo sudah terkenal juga sebagai pusat budaya asal usul minangkabau, sehingga benda-benda pusaka ini semakin menambah daya tarik dan pesona bagi Tanah Datar sebagai pusat kebudayaan masyarakat minangkabau,” tambah Eka Putra.

Lebih lanjut disampaikan Eka Putra, 7 (tujuh) jenis benda pusaka yang diberikan oleh bapak Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa Putra, diantaranya ada 2 (dua) mahkota, 3 (tiga) keris dan 2 (dua) buah tombak. 

“Kita berharap apa yang telah diberikan oleh beliau itu berkah dan dibalasi amal ibadahnya oleh Allah SWT, dan kami pemerintah kabupaten Tanah Datar akan menjaga benda pusaka itu dengan sebaik-baiknya sehingga nilai budaya benda pusaka yang ada di Istano Basa Pagaruyung ini bertambah,” harap Bupati.

Dengan adanya benda-benda pusaka pemberian dari bapak Kapolda ini, Bupati Tanah Datar mengharapkan kunjungan wisatawan yang datang baik lokal maupun mancanegara akan meningkat kunjungannya ke Istano Basa Pagaruyung dan kabupaten Tanah Datar secara umum.

Tampak ikut menghadiri acara tersebut anggota DPR RI, ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat beserta anggota, Forkopimda Provinsi Sumbar, Bupati dan Walikota se Sumatera Barat, Pimpinan dan anggota DPRD Tanah Datar, Jajaran Pejabat Utama Polda Sumbar, Kapolres se Sumatera Barat, Forkopimda Tanah Datar, Ketua TP PKK Provinsi Sumbar, Ketua TP PKK Kabupaten Tanah Datar, Ketua GOW Kabupaten Tanah Datar, Ketua LKAAM Sumbar, Ketua LKAAM Tanah Datar, Tampuak Tangkai Alam Minangkabau, Sekda Tanah Datar, para Asisten, camat se Tanah Datar, Ketua MUI, Pimpinan BUMN dan BUMD, angku-angku, niniak mamak dan undangan lainnya. (Sutan/pro)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre