Breaking News

Sejumlah Restoran di Palembang Beroperasi Tidak Sesuai dengan Ijin Usaha



Palembang, Figurnews.com,-

Imbas dari tempat hiburan Holywings Palembang, pemerintah kota Palembang melalui Badan Pengelolaan Pajak Daerah (BPPD) terjun kelapangan melakukan pengecekan langsung ke beberapa restoran.

Dari hasil melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah restoran ditemukan sejumlah restoran yang beroperasi tidak sesuai dengan ijinnya. Hal tersebut disampaikan oleh kepala BPPD Kota Palembang Herly Kurniawan,Jum'at (01/07/2022).

"Ternyata ada belasan restoran Palembang yang izinnya disalahgunakan. Izin tempat makan tapi menjadi bar dan tempat hiburan seperti Holywings ternyata malam hari," kata Herly

Untuk itu, ia perlu melibatkan beberapa OPD terkait untuk menindaklanjuti keberadaan restoran yang beralih fungsi. Dari hasil pemantauan di lapangan, ditemukan belasan restoran di Palembang yang diam-diam beralih fungsi menjadi tempat hiburan tanpa izin saat malam hari. 

"Banyak yang melanggar ini. Tindak lanjutnya perlu kerja sama dari OPD terkait seperti DPMPTSP, Satpol PP, dan lainnya," kata dia.

Menurut Herly, Pengelola tempat hiburan tidak bayar pajak secara penuh yang menjadi Persoalan yang terjadi adalah banyak restoran yang telah memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak Daerah (NPWPD) sebagai tempat makan dan hiburan, namun faktanya tak membayar pajak hiburan secara optimal.

"Nyatanya bayar pajak hiburannya tidak maksimal dibandingkan omzet per bulannya," ungkap dia

Kemudian, restoran di Palembang tidak membayar dari catatan BPPD Palembang, tempat usaha yang memiliki NPWPD restoran dan beroperasi sebagai tempat hiburan meliputi Wong Eatery and Drink, De Far Away, The Pitstop Arena 9, Nobu Bistro, dan Pan Head Cafe.

"Kemudian ada Home Base Kambang Iwak, Resto Cafe Kenzo Live, dan Home Base Basilica. Selain itu Restoran King juga sudah diputuskan untuk diperiksa," Urai Herly

Disisi lain, DPMPTSP bertugas mengecek izin restoran terdaftar, BPPD perlu kepastian dari DPMPTSP soal NPWPD hiburan tempat-tempat usaha yang dimaksud. Agar selanjutnya bisa dilakukan tindakan tegas dan pengelola restoran juga membayar pajak hiburan.

"Yang terdaftar restoran, tugas DPMPTSP apakah ada izin hiburan. Jika tempat ini tidak ada izin tapi buka, ini melanggar Perda," tegas Herly.(*)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre