Breaking News

Salim, SE, SKM, M.Kes : Pengurus BUMDesa Harus Mempunyai Jiwa Interprener dan Tanggung Jawab.


MUBA,  Figurnews.com -  Dalam rangka pemulihan ekonomi pedesaan  pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) angkatan  pertama, di hari ke 2  tak menyurutkan semangat para peserta  dalam mengikuti pelatihan  Bimbingan Teknis (Bimtek) di Hotel Randik Sekayu, Rabu (27/7/2022).

Kegiatan tersebut dilaksanakan  berdasarkan UU no 6 Tahun 2014 tentang desa, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2021 tentang Badan usaha milik desa, berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 113 Tahun 2014 tentang Pengelolaan keuangan desa, berdasarkan Peraturan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 2 Tahun 2015 tentang Pedoman tata tertib dan mekanisme pengambilan keputusan musyawarah desa, Nomor 3 tahun 2021 tentang pendaftaran dan pembinaan serta pengadaan barang atau jasa badan usaha milik desa.


" Ya,  masih sama seperti  yang dibuka oleh Pj Sekda Muba kemarin. Bimbingan Teknis  ( Bimtek) ini, diikuti sejumlah 40 orang peserta. Yang  mana, terdiri dari 20  BUMDesa, 1 Direktur dan 1 operator  Komputer ," jelas  Kepala Dinas PMD Muba H Richard Cahyadi AP MSi melalui Kepala Bidang Perekonomian dan Pembangunan Desa Dinas PMD Muba Muhzen Alhifzi SE MSi yang disampaikan oleh Kepala Seksi Ekonomi Desa dan Badan Usaha Milik Desa Dinas PMD ,  Salim, SE, SKM, M.Kes.  pada  Figurnews.com di Hotel Randik Sekayu (27/7).

Tak sampai disitu saja Salim menjelaskan, BUMDesa yang setra tanya dasar atau perintis ada 56 BUMDesa. kemudian, untuk pemula ada 156  dan yang berkembang hanya 13 BUMDesa serta yang maju hanya 1.

"Nah  inikan sangat ironis, BUMDesa terkesan mati suri,karena tidak diiringi dengan  kepengurusan yang Ideal,semestinya banyak yang berkembang," jelasnya lagi.

Maka dari itu salim berharap , setidaknya  pengurus BUMDesa tersebut mempunyai jiwa Interprener, punya rasa tanggung jawab.

" Nah di tahun kemarin kita sudah melatih  sebanyak 120  orang pengurus BUMDesa yang sudah berkemampuan untuk mencatat atau melaporkan secara manual.," harapnya

Ditahun ini , Salim menambahkan, Alhamdulillah ada 60 BUMDesa  20 kita dorong untuk pelatihan Aplikasi.

" Kita bagi  3 angkatan dalam kegiatan Bimtek ini, untuk angkatan pertama dimulai tanggal 26 - 28  Juli dan untuk angkatan ke 2  di jadwalkan mulai tanggal 1- 3  Agustus sedangkan angkatan ke 3  di jadwalkan mulai tanggal 4 - 6 Agustus," pungkasnya.

Sementara  untuk  Nara Sumber dalam kegiatan tersebut  dari Kepala  BPKP  perwakilan Provinsi Sumatera Selatan  Yulisa SE. MM, Rahmawati SE.MM,  Dinas PMD dan Tenaga Ahli P3 MD Kabupaten Muba yaitu:  Indrawan, Edi Sulfan, Yudi Adibi, Edi Fitriana, Dedi dan Katri Gentari.(**)

Editor posting  : DARMANTO 

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre