Breaking News

RAGAM PESONA AGAM DALAM FESTIVAL PESONA DANAU MANINJAU TAHUN 2022


Agam, Figurnews.com - Pasca melandainya Pandemi Covid 19, wajah dunia pariwisata Kabupaten Agam kembali berseri dan bersinar menampakkan pesonanya. Vakum selama 2 tahun (2020-2021) pelaksanaan Festival Pesona Danau Maninjau Tahun 2022 ini kembali digelar, membangkitkan semangat baru. agenda even tahunan Kabupaten Agam tersebut menjadi asa bagi masyarakat Agam khususnya yang berdomisili disekitar alam wisata yang sangat exotic, karunia tuhan yang sangat bernilai Danau Maninjau.

Linggai Park sebagai objek wisata yang dimiliki Kabupaten Agam salah satu objek wisata yang berada dikawasan Danau Maninjau, ramai dipenuhi wajah-wajah yang penuh semangat, antusias dan optimis bahwa Danau Maninjau kembali memancarkan pesona lebih bersinar lagi dari sebelumnya. Linggai Park menjadi pusat penyelenggaraan Festival Pesona Danau Maninjau yang secara resmi dibuka oleh gubernur Sumatera Barat yang diwakili oleh Kepala Dinas Pariwisata Propinsi Sumatra Barat, Rabu 27 juli 2022.

Pembukaan Festival Pesona Danau Maninjau tahun 2022 ditandai dengan penabuhan Tambua secara berasama-sama dengan Bupati Agam, Wakil Bupati Agam, Ketua TP-PKK Agam, Waka Polres Agam, Kepala Pengadilan Negeri Agam, Ketua DPRD Agam, Ketua LKAAM Agam dan Sekretaris Daerah Agam.


Parade Jamba dan Tambua Tansa

Pesona Agam mulai terlihat disaat perempuan Minang berbaju adat menjunjung jamba, tudung saji bertutup kain merah berisikan nasi dan lauk pauk kuliner khas berbagai suku di Agam. Parade Jamba diarak bersama Tim Kesenian Tambur Tansa berjalan beriringan menuju Linggai Park.

Parade Jamba dan Tambua Tansa sangat menarik perhatian tamu undangan dan para pengunjung yang hadir. Parade Jamba salah satu budaya Minangkabau semakin semarak dengan bahana dentuman Tambua Tansa, alat musik khas urang awak yang mampu menggelorakan semangat bagi siapa saja yang mendengarkannya. It’s amazing.

Pesona budaya Agam semakin tergambar saat Parade Jamba dilanjutkan dengan acara makan bajamba, yaitu makan bersama-sama, berkelompok disetiap masing-masing jamba oleh peserta parade jamba tersebut. Selain bentuk kebersamaan makan bajamba memiliki filosofi “duduk samo randah tagak samo tinggi”, yaitu persamaan derajat.

Tari Katan Jo Goreng dan Kolaborasi Musik Tradisional dan Modern.

Cita-cita Bupati Kabupaten Agam, Dr. Andri Warman menjadikan Kabupaten Agam sebagai ikon pariwisata di Provinsi Sumatera Barat bukan sekedar tendensi yang ambisius. Hal tersebut terlihat dengan realita yang ada. Kabupaten Agam memiliki alam yang lebih kaya dari Kabupaten/kota lainnya.



Di Kabupaten Agam, selain terdapat Gunung Marapi dan Gunung Singgalang juga memiliki Puncak Lawang, Ngarai Sianok (Grand Canyon) serta memiliki Pantai Tiku yang berada di Kecamatan Tanjung Mutiara.

Kekayaan alam Agam itu diyakini bisa mendatangkan wisatawan domestik dan mancanegara, namun, bukan itu saja yang membuat optimisme Bupati Agam timbul, baru-baru ini Bupati Agam berbangga hati oleh torehan prestasi yang diraih Tim Kesenian dari Sanggar Pitunggua binaan Disdikbud Agam. Bupati Agam menerima langsung penghargaan atas penampilan Tari Katan Jo Goreng Di APAKSI Otonomi Ekspo tahun 2022 di JCC Senayan Jakarta Pusat, sebagai tari kreasi baru terbaik. 

Kembali Pesona Agam jelas terlihat disaat Tari Katan Jo Goreng dipersembahkan pada acara Pembukaan Festival Pesona Danau Maninjau tahun 2022. 

Semarak Festival Pesona Danau Maninjau semakin bergemuruh ketika Tim Kesenian dari Sanggar Sari Banilai Nagari Lawang binaan Ibu Rosnida, memainkan kolaborasi musik tradisional dan musik modern. Persembahan musikal itu juga tidak kalah memukaunya, aksi energik Tim Kesenian Nagari Lawang terlihat sangat piawai. Permainan alat musik tradisional Minangkabau Saluang, Tambua, Gandang dan Rabab serta Talempong berpadu dengan alat musik modern termasuk saxofone, menghasilkan musik kontemporer yang sangat segeh, tak kalah meriahnya dengan lantunan orkestra menaikkan adrenalin, penuh sukacita luar biasa. Festival Pesona Danau Maninjau menghantar semangat baru masyarakat. 



Pearagaan Busana Daerah dan Designer Produk unggulan. 


Kemerahan Festival Pesona Danau Maninjau bertambah disaat personil ikatan uda dan uni Agam berlenggak lenggok menggunakan Pakaian Anak Daro dan Marapulai diatas panggung. Para pengunjung dibuat kagum dengan indahnya pakaian adat yang berasal dari Koto Gadang, Matur dan Maninjau. 


Pearagaan Busana yang diperagakan Uda dan Uni didukung oleh designer produk unggulan yang saat ini sedang dikembangkan oleh Pemkab Agam yaitu Batik Agam, saat ini, batik Agam sudah mempunyai beberapa tema yaitu batik motif kelok 44 dan batik motif bunga Raflesia. Keberadaan Batik Agam ini tentunya menambah warna baru busana daerah yang selama ini didominasi oleh Sulaman Suji, Kapalo Samek dan bordiran. 

Kehadiran batik juga memperlihatkan kesiapan Kabupaten Agam menjadi Ikon Pesona Sumbar, tentunya batik bisa menambah pendapatan daerah, karena batik juga bisa menjadi oleh-oleh tanda kunjungan dari Agam. 

Revitalisasi Danau Menguatkan Pesona Maninjau. 

Gairah pariwisata Agam bangkit, begitu setidaknya gambaran awal yang tercermin dari pembukaan Festival Pesona Danau Maninjau tahun 2022 ini. Serangkaian acara dihari pertama sudah mampu memukau para pengunjung. Panorama Danau dan alam sekitar serta fasilitas yang dibangun diobjek wisata Linggai Park, termasuk tempat berdagang yang disediakan serta stand-stand UMKM maupun dari perusahaan sponsor membuat pengunjung merasa betah dikawasan tersebut. 

Informasi yang didapat dari ketua panitia Festival Pesona Danau Maninjau, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, bahwa kegiatan Festival Pesona Danau Maninjau sudah dimulai sejak tanggal 22-24 Juli 2022 di Puncak Lawang dan di Nagari Bayur dengan menggelar lomba Para layang dan lomba vlog lintas wisata alam yang diselenggarakan oleh kelompok Sadar Wisata Lawang Madani. 



Selanjutnya tanggal 28 Juli 2022 masih berlokasi di Linggai Park, akan dilaksanakan perlombaan Pasambahan Adat se-Kabupaten Agam yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Agam. Keesokan harinya tanggal 29 Juli 2022, ditempat yang sama Festival Pesona Danau Maninjau menyelenggarakan lomba penyanyi minang yang diharapkan akan memunculkan musisi baru urang awak yang mampu menambah warna musik Minangkabau. 


Kemudian, tanggal 30 Juli 2022 akan diselenggarakan lomba menggambar dan mewarnai bagi anak-anak. Dan selanjutnya dihari terakhir pelaksanaan Festival Pesona Danau Maninjau 31 Juli 2022 akan melepas Touring Terios Club Indonesia dan Gowes Tour the Maninjau. 


Adapun rute dari Touring Terios Club Indonesia dimulai dari Taman Wisata Mukomuko – Tanjung Sani - Sungai Batang – Maninjau – Bayur – Linggai Park. Sedangkan rute gowes tour the Maninjau dimulai dari Taman Wisata Mukomuko – Jalan Senggol Alai – Taruko – Simpang Kolam – Simpang Kampuang Tanah – Surau Batu Koto Gadang – Koto Kaciak – Paninjau – Masjid Nurul Iman Koto Tinggi – Linggai Park. 

Selesai dari Linggai Park festival Pesona Danau Maninjau selanjutnya akan berpindah lokasi menuju Museum Buya Hamka. Kegiatan nampak tilas pahlawan bangsa dan agama yang merupakan putra kelahiran Maninjau dilaksanakan pada tanggal 1-2 Agustus 2022.

Cita-cita Bupati Agam menjadikan Kabupaten Agam sebagai ikon Pesona Sumatera Barat bukan Cuma sekedar wacana. Segala aspek sudah dipersiapkan, termasuk kebijakan Bupati dalam bentuk anggaran dan payung hukumnya. Bahkan kebijakan provinsi dan pusat sudah membuka ruang bagi Agam untuk mempersiapkan segala aspek dalam membangun pariwisatanya. Salah satunya yaitu dengan merevitalisasi Danau Maninjau. 


Agam dengan pesonanya yang beragam layak menjadi ikon pariwisata Sumatera Barat maupun pariwisata nasional serta pariwisata internasional. Cita-cita Pemkab Agam tersebut tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya, untuk itu mari kita dukung bersama-sama, Agam Pesona Baragam. (Fuad). 

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre