Breaking News

Kabupaten Pesisir Selatan Lakukan Penilaian Kompetensi Camat untuk Mengembangkan Inovasi dan Motivasi Kerja




Painan, Figurnews.com -- Penilaian kompetensi camat sebagaimana juga dilakukan di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), bertujuan untuk mengembangkan inovasi dan motivasi kerja camat sebagai salah satu perangkat daerah. Sehingga para camat juga dapat memberikan kontribusi maksimal bagi daerah dalam pembangunan.

Hal itu disampaikan sekretaris kabupaten (Sekkab) Pessel, Mawardi Roska, saat membuka kegiatan penilaian kompetensi camat se kabupaten tahun 2022 di ruang rapat Bupati Pessel di Painan kemarin (5/7).

Kegiatan tersebut juga dihadiri staf ahli bupati, asisten, kepala perangkat daerah, camat, tim penilai kompetensi camat tahun 2022 dan pihak terkait lainnya.

Dijelaskannya bahwa penilaian kompetensi camat itu meliputi bidang pemerintahan, pembangunan, kemasyarakatan, adat dan agama serta bidang pelayanan publik. Serta juga terkait sikap dan semangat pengabdian camat yang berorientasi pada pelayanan dan pemberdayaan masyarakat.


“Penilaian kompetensi camat ini bukan hanya sekedar memilih camat terbaik, namun lebih ditekankan pada langkah pembinaan kepada yang bersangkutan dalam menjalankan tugas-tugas bidang pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan,” katanya

Diharapkan kepada camat agar mengikuti penilaian kompetensi ini dengan serius dan disiplin. Kemudian tim melakukan penilaian sesuai ketentuan yang ada.

“Bagi camat yang belum beruntung menjadi yang terbaik pada penilaian kompetensi ini, maka menjadikan kegiatan tersebut sebagai cambuk untuk peningkatan kompetensi di masa yang akan datang,” pintanya.

Kepala bagian (Kabag) Tata Pemerintahan (Tapem) Setdakab Pessel, Darmadi menjelaskan, pada penilaian kompetensi tahap awal, ditetapkan camat yang masuk tiga besar.

Selanjutnya, tim melakukan survei ke lapangan serta menemui berbagai unsur terkait sehubungan dengan program dan kegiatan yang dilakukan camat bersangkutan sejak satu tahun terakhir.

Disebutkan, sebanyak 15 orang camat telah dilakukan evaluasi untuk menetapkan camat yang memenuhi syarat untuk dilakukan penilaian lebih lanjut.

Penilaian meliputi beberapa aspek utama yakni penyelenggaraan roda pemerintahan dan pembangunan, pengelolaan keuangan dan pembinaan kemasyarakatan. Aspek itu sesuai dengan tugas pokok dan fungsi camat sebagai perpanjangan tangan bupati.

“Terkait aspek ini, maka tim penilai mengajukan beberapa pertanyaan kepada masing-masing camat usai memberikan ekspos,” jelasnya.

Berdasarkan tugas pokok dan fungsi yang menjadi tanggung jawabnya seperti pelayanan prima kepada masyarakat.

“Serta kemampuan mengatasi persoalan-persoalan yang muncul di tengah-tengah masyarakat dan lain sebagainya,” timpal Darmadi. (Ef).

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre