Breaking News

Pengadaan TIK. Kalau Bisa Layar Sentuh, Kenapa Kabid Dikdas Beli Laptop Versi Lama?


Kab.Limapuluh Kota, Figurnews.com --

Pengadaan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) DAK Tahun 2022 dibidang Dikdas Kabupaten Limapuluh Kota yang diperuntukkan buat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Pengadaan tersebut melalui E-Catalog yang dipecah menjadi 5 paket. Paket 1 senilai Rp. 4.625.000.000, paket 2. Rp. 1.125.000.000, paket 3. Rp. 875.000.000, paket, paket 4. Rp. 875.000.000, paket 5. Rp.1.500.000.000 yang dengan nilai ke 5 paket tersebut sebesar Rp. 9.000.000.000, (Sembilan Milyar Rupiah). (Lihat  (SIRUP) Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan Dinas Pendidikan Kab Limapuluh Kota.

Selain 5 paket untuk sekolah dasar ada satu lagi pengadaan TIK untuk SMP sederajat senilai Rp. 250.000.000.

PPK (Aswanaldi) saat dikonfirmasikan diruang kerjanya (22/6/22), apakah 5 paket TIK itu untuk satu perusahaan, tanya media ini pada Kabid.

("Tidak, satu paket untuk satu perusahaan. Artinya tiap paket berbeda perusahaanya.")

Satu anggaran, satu kegiatan, apakah ini boleh dipecah pecah? tanya media ini lagi.

("Boleh, yang tidak boleh memecah paket untuk menghindari tender. Sebab kita bukan tender tapi melalui E-Catalog," ujar Kabid itu.)

Saya pernah melihat dan membaca perjanjian salah satu perusahaan (pihak pertama) dengan sales (pihak kedua) ada fee hingga 15%, bagaimana menurut bapak?

("Ooh, itu saya tidak tahu, saya tidak melalui sales dan saya langsung ke rekanan atau admin perusahaan. Dan saya berkontrak dengan direktur perusahaan." Ucapnya lagi saat itu)

Setelah mendapatkan informasi terbaru, media ini mengkonfirmasikan lagi pada Kabid Dikdas melalui pesan WhatsApp (  15 Juni 2022 ) 

Apakah Laptop TIK itu merk SPC ? Tanya media ini pada PPK.

("Iya")

Ini bukan layar sentuh Ya pak?

"Oia pak, karena zaman sudah batambah canggih, kenapa bapak tidak mengambil yang touch screen (layar sentuh)"

Apa alasannya pak? Kata Media ini lagi.

("Kita punya spesifikasi sesuai juknis.")

Apakah yang lebih canggih (layar sentuh) itu tidak sesuai juknis pak? Ucap media ini melanjutkan

("Lebih dari pada juknis... tapi kalau uang tidak sampai mau apa lagi... makanya pengadaan itu ada juknisnya... agar ada keseimbangan uang dengan spesifikasi.")

Kenapa Kota Payakumbuh bisa mendatangkan layar sentuh.?

Anggaran sama sama DAK bulan yang sama dan tahun yang sama, tanya media ini lagi.

("Tidak dijawab Kabid.")

Didalam RAB, Laptop ini diantar langsung ke sekolah atau dijemput ke suatu tempat pak? 

("Diantar langsung ke sekolah) ujar Kabid Dikdas.")

Ditempat terpisah, Win Hariendi, sekretaris dinas pendidikan kabupaten limapuluh kota saat bincang bincang dengan media ini beberapa waktu lalu mengatakan, 

("Saya waktu itu memang sama dengan PPK ke Jakarta, saya mengurus P3K sedangkan PPK (Aswanaldi) ke tempat pengadaan TIK. Setelah saya selesai mengurus P3K, saya dibawanya melihat lihat ke pabrik tempat pengadaan Laptopr," ujar sekretaris saat itu.)

Hal yang sedikit berbeda dengan ucapan Kabid yang mengatakan pada media ini dalam RAB Laptop itu diantar langsung ke sekolah. Saat dikonfirmasikan melalui pesan WhatsApp ke beberapa pihak sekolah mengatakan,

("Alhamdulillah bantuan DAK berupa Laptop dan peralatan lainnya memang sudah disekolah.Tapi,  Laptop ini kami jemput di sekolah lain. Pengadaan TIK Tahun sebelumnya menurut informasi dari teman teman kepsek lain, barang ini diantarkan langsung ke sekolah," ucap kepsek itu.)

Apakah pihak sekolah diberikan biaya untuk transportasi penjemputan Laptop itu? Tanya media ini lagi

("Tidak"), ucap salah satu kepsek yang meminta namanya disembunyikan.)

Disisi lain, menurut keterangan para sales yang ikut memburu pengadaan TIK mengatakan, 

("Dalam pengadaan TIK DAK ini, cashback itu memang ada. Tergantung seberapa besar perusahaan memberinya. Cashback tersebut mulai dari 10% hingga 15% dari pagu anggaran. Kalau beli langsung ke Admin, cashback itu bisa lebih besar lagi," ucap beberapa orang sales yang berbeda perusahaan di pengadaan Laptop.)

Tetangga Kabupaten Limapuluh Kota, yaitu Kota Payakumbuh (Viki Kabid Di kdas) saat dihubungi melalui telpon seluler (15/07/22) mengatakan,

("Dipengadaan TIK tahun 2022 dengan anggaran DAK ini kami membeli merk Acer yang lebih canggih dengan tampilan (touch screen) layar sentuh, ujar Kabid Dikdas Kota Payakumbuh").(FN053)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre