Breaking News

Pemprov NTT Salut Dengan Inkopdit, Koperasi Terus Maju dan UKM Dipastikan 'Naik Kelas'

 


KUPANG.( NTT) FIGURNEWS---Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT salut dengan Induk Koperasi Kredit (Inkopdit) Indonesia yang mempercayakan NTT sebagai tuan rumah penyelenggaraan Rapat Tahunan Anggota (RAT) Inkopdit skala nasional.

Bagi Pemprov NTT, ini merupakan langkah positif dimana gerakan koperasi semakin maju dan ikutannya Usaha Kecil Menengah (UKM) bisa 'naik kelas' dalam upaya mensejahterakan anggota dan warga umumnya.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Koperas, Tenaga kerja dan Transmigrasi Provinsi Nusa Tenggara Timur( NTT), Sylvia R. Peku Jawang, mewakili Gubernur NTT saat membuka dengan resmi kegiatan open forum, diskusi panel, festival budaya dan rapat tahunan( RAT) induk koperasi kredit (INKOPDIT) tahun buku 2021 di Hotel Aston, Sabtu (23/7/2022)

Dalam sambutanya, Sylvia mengatakan, Gubernur NTT sangat mengapresiasi bagi gerakan koperasi di NTT dan juga semua penggiat koperasi di Indonesia.

Dengan giat berkoperasi kredit dirinya yakin ikut meningkatkan pelaku usaha kecil menengah (UKM). Icon di nasional, koperasi semakin berdaya, UKM naik kelas.

Silvya juga menyampaikan pesan dari Gubernur Viktor, bahwa Pemerintah Provinsi NTT juga berniat untuk membawa koperasi masuk kedunia digital.

"Ditahun kemarin, kami sudah masuk kedunia digital untuk 600 koperasi diantaranya, koperasi-koperasi primer anggota dari puskopdit yang ada di NTT," jelas Sylvia.

Dikatakannya, seluruh koperasi yang ada di NTT berjumlah, 4.282 koperasi dan koperasi simpan pinjam  (KSP) nya juga punya prosentasi yang besar dibanding koperasi-koperasi lainnya.

"Semua ini merupakan pergumulan dari pemerintah, dan kami percaya melalui puskopdit dan otomatis inkopdit, gerakan ini terus di tumbuhkan dan Pemerintah Provinsi NTT memberikan apresiasi yang luar biasa karena gerakan koperasi pasti terus di dongkrak oleh puskopdit-puskopdit yang ada di NTT dan tidak terlepas intervensi dari inkopdit," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Induk Koperasi Kredit ( INKOPDIT)  Djoko Susilo dalam sambutannya mengakui, kopdit dalam gerakan koperasi di Indonesia mampu bertahan di tengah covid  selama 2 tahun.

Dibuktikan dengan pertumbuhan yang luar biasa mencapai 3 jutaan anggota dengan aset 36 triliun serta mempekerjakan jutaan karyawan.

Menurut Djoko, khusus di NTT pertumbuhan  Kopdit sangat signifikan sehingga dirinya berharap, agar koperasi di NTT bisa menurunkan kemiskinan serta persoalan stunting di daerah ini. 

Dengan alasan inilah maka  Kota Kupang sebagai Ibu kota Provinsi NTT di daulat menjadi tuan rumah untuk kegiatan RAT Inkopdit tahun buku 2021.

"Beberapa tahun lalu tepatnya 2019, kami bertemu Bapak Gubernur dan menawarkan untuk kegiatan ini berlangsung di Kota Kupang. Beliau menyambut dengan baik. Maka tahun 2022 ini, semua kegiatan berlangsung di Kota Kupang," tandasnya.

Ketua Puskopdit Bekatigade Timor, Vinsensius Repu sebagai tuan rumah, dirinya menyampaikan bahwa, covid menjadi tanda kutip, berkat bagi  seluruh gerakan koperasi di NTT. 

Karena dengan peristiwa ini, sempat beberapa kali  tertunda selama 2 tahun.  Maka tahun 2022  Kota Kupang dipilih menjadi tuan rumah. 

"Kami sangat bersyukur beberapa waktu lalu tertunda, saat ini NTT menjadi tuan rumah dan kami menyiapkan dengan baik untuk menerima kurang lebih 700 lebih tamu se- Indonesia," pungkasnya.(ER).

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre