Breaking News

Pelantikan PC NU Pasbar, Nusron Wahid Bahas Pembangunan Universitas NU dan Pendirian Pabrik Kelapa Sawit (PKS)


Pasaman Barat, Figurnews.com

Pelantikan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pasaman  Barat masa khidmat periode 2022-2027, diselenggarakan di aula kantor Bupati Pasbar, Kamis  (7/7/2022).

Turut hadir dalam acara tersebut tokoh NU Nasional sekaligus politisi Partai Golkar, Wakil Ketua PBNU KH. Nusron Wahid, 

Dalam sambutannya, mantan Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI (BNP2TKI) ini memberikan nasihat kepada pengurus terkait tugas dan tanggung jawab dalam mengelola NU baik di tingkat Kabupaten hingga pengurus ranting. Ada tiga hal yang mesti diperbuat dalam mengurus organisasi Nahliyin Ahlul Sunnah Waljmaah terbesar se-nusantara tersebut.

Pertama, revitalisasi tradisi. Kebiasaan lama atau amalan kaum sholihin yang selama ini mencirikan NU harus terus dilestarikan, diantaranya persulukan atau tarikat.

Nusron bilang, revitalisasi tradisi lama bukan berarti anti dengan hal-hal yang baru. Namun, "Banyak kesalahan yang terjadi sekarang yang menggugat tradisi, karena silau dengan pemahaman dan anggapan bahwa semua yang baru itu baik," kata dia.

Nasihat kedua, para pengurus harus ingat akan pentingnya pengkaderan. Menurut Nusron, jenis-jenis pengkaderan yang mesti ditanamkan kepada generasi muda Nahdliyin yakni, kemampuan di bidang keagamaan, kepakaran dalam birokrat, serta kepemimpinan atau politik.

Ia menjelaskan, warga NU jangan apriori dengan politik, dan dibebaskan untuk belajar dan masuk ke dalam partai mana saja yang ada di Indonesia. "Politik itu bagian dari kesalehan, karena khitmat kita untuk mensejahterakan rakyat dan wawasan kebangsaan juga bagian dari politik," ujarnya.

Ketiga, pengurus harus bisa memberdayakan potensi warga dan masyarakat sekitar. Misalnya, melibatkan masyarakat dalam suatu untuk membangkitkan perekonomiannya. "Semua organisasi akan sulit berjalan kalau tidak ada kemandirian ekonomi, Saya harapkan PC NU Pasbar tidak mesti tangan dibawah," tutur Nusron.

Kedepannya NU juga akan mengembangkan perekonomian kerakyatan khusus warga petani perkebunan kelapa sawit diantara mengupayakan biaya peremajaan (replanting), pembangunan pabrik kelapa sawit dan koperasi petani sawit NU di Kabupaten Pasbar, Pasaman,Agam dan sekitarnya.

"Ini baru wacana, moga moga terlaksana perkebunan sawit dan koperasi warga Nahdlatul Ulama di Pasbar" katanya disambut riuh tepuk tangan hadirin pengurus PCNU Pasbar  dan Ketua PC NU Kabupaten Pasaman.

Dalam sambutannya, ketua PWNU Sumatera Barat Ketua PWNU Sumbar Prof. Ganefri, Ph. D mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Daerah Pasaman Barat yang selalu mendukung kegiatan-kegiatan NU di Pasaman Barat dan kedepannya bisa selalu berkolaborasi dalam membangun mental dan spritual masyarakat Pasbar.

"Selamat dan sukses juga kepada Ketua DPRD Pasbar, H. Erianto yang hari ini juga dilantik pengurus NU Pasbar. Kita minta Pak Nusron untuk membantu pembangunan Universitas Nahdlatul Ulama di Sumbar khususnya di Pasbar". urai Rektor Universitas Negeri Padang tersebut.

Ketua NU Pasbar, Nasrullah Sudirman

Sementara, Ketua DPRD Pasbar mengupayakan akan selalu siap mendukung program-program pemerintah dan harapan semoga mendapatkan bantuan bangunan kantor cabang oleh Pemkab Pasbar.

"Sesuai juga harapan kita bersama, NU Pasbar dapat membangun Universitas NU (UNU) yang bisa melanjutkan pendidikan dan membantu Beasiswa KIP kuliah bagi anak-anak warga NU" harap Erianto.


Turut hadir Kapolres Pasbar yang diwakili Kabag SDM Kompol, Muzhendra,SH. MH.  Pemkab Pasbar yang diwakili Staf Ahli Imter. SH. PLH Kesbangpol Pasbar, Yosmar Difia, SE. MM. dan beberapa OPD dan pemuda Muhammadiyah serta organisasi lainnya.

Sementara pihak legislatif terpantau Anggota DPRD Provinsi Sumbar Yunisra, Donizar, Ketua DPRD Pasbar  Erianto, Daliyus K. Wakil Ketua DPRD Pasbar, beserta anggota DPRD Pasbar Ali Nasir, Yuhendri Datuak Putiah.

Adapun Struktur Pengurus Cabang NU Kabupaten Pasaman Barat yang dilantik diantaranya H. Nasrullah Sudirman(Ketua PCNU Pasbar) Islahuddin (Rais Syuriah PCNU Pasbar). Sementara pengurus sayap organisasi NU lainnya dari setiap bidang sekaligus dewan penasehat, Alizar, Rommy Candra, Adlis Mukhtar, Zawil Huda.

Nama Pengurus PCNU 2022-2027


 
(Dodi Ifanda)


Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre