Breaking News

Mitra Strategis Pemkab Kampar Dalam Peningkatan Kesejahteraan Anggota dan Masyrakat, Korpri Kampar Bentuk Yayasan dan Koperasi

 


Bangkinang, Figurnews.com – Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) merupakan wadah berhimpunnya seluruh Pegawai Republik Indonesia dengan salah satu tujuannya adalah meningkatkan kesejahteraan dan profesionalisme para anggotanya. 

Berdasarkan ayat 5 dan 6 pasal 68 tentang satuan pelaksana tugas yang termaktub dalam Kepres No. 24 Tahun 2010, Korpri dapat membentuk yayasan dan koperasi pada setiap tingkatan kepengurusan. 

Berdasarkan Kepres tersebut, Korpri Kabupaten Kampar membetuk Yayasan Batobo Korpri Kampar pada tahun 2019 dengan izin dari Bupati Kampar No. 800/BKPSDM-PKAP/208, juga dukungan dari Dewan Pengurus Korpri Nasional No. B-15/KU/I/2019. Sebagai lembaga yang berbadan hukum, Yayasan Batobo Korpri Kampar mendapat pengesahan dari Menteri Hukum dan HAM RI Nomor AHU-0005159.AH.01.04.Tahun 2019, dengan akta pendiriannya tertanggal 28 Maret 2019, No. 31, Kantor Notaris Minarti, SH. 

Korpri sangat komit mendukung program pangan Pemkab Kampar baik dari segi penampung, suply maupun distribusi. 

Demikian dikatakan Pembina Korp Pegawai Republik Indonesia Kabupaten Kampar Drs. Yusri, M. Si yang juga Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar di sela-sela kegiatan di Bangkinang Kota, Selasa, 19/07. 

​Dikatakan Yusri Usaha yang dilakukan oleh Yayasan Batobo Korpri Kampar ada dua, yakni pinjaman tanpa riba dan toko sembako batobo yang kemudian berganti nama menjadi gerai batobo. 

Dikatakan Yusri bahwa Usaha Pinjaman tanpa riba diberikan kepada anggota koperasi yang notabene adalah Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Kampar. Pinjaman tanpa riba ini digunakan oleh anggota Korpri untuk kebutuhan kedinasan mau pun urusan rumah tangga yang bersifat mendesak dengan jasa yang murah dan persyaratan yang mudah dan tanpa agunan" Tambahnya lagi. 

Ditambahkan Yusri Hingga saat ini, ratusan anggota Korpri telah menerima manfaat dari pinjaman tanpa riba yang dikelola Yayasan Batobo Korpri Kampar untuk keperluan pembelian laptop, sepeda motor, perlengkapan rumah tangga, hingga keperluan pernikahan. Usaha lain yang dijalankan yayasan berupa gerai batobo yang merupakan pusat perbelanjaan sembilan bahan pokok (Sembako). 

Usaha ini sudah berjalan sejak awal yayasan didirikan. Di gerai batobo, anggota Korpri tidak hanya bisa berbelanja sembako, tetapi juga bisa berutang hingga batas waktu yang ditentukan. Usaha ini juga bertujuan untuk membantu meringankan anggota Korpri.

Gerai batobo saat ini berada di Jl. Prof. M. Yamin, SH, Bangkinang. 

Gerai-gerai yang tersedia juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang ingin membuka usaha dengan biaya sewa yang relatif murah. Organisasi Yayasan Batobo Korpri Kampar diketuai oleh Ir. Cokroaminoto" Tambahnya lagi. 

Demi keberhasilan program ketahanan pangan yang menjadi fokus kerja Dr. Kamsol, Korpri Kab. Kampar menyambut baik dan berinisiatif membentuk koperasi yang nantinya akan menjadi mitra bagi petani dan pemerintah. Koperasi yang diberi nama Koperasi Pemasaran Batobo Korpri Kampar ini berada di bawah Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Kab. Kampar" Ujar Sekda Kampar lagi. 

Pembentukan yayasan dan koperasi di bawah Korpri Kabupaten Kampar bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan aparatur sipil negara yang bernaung di bawah Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Kab. Kampar. Pembentukan yayasan dan koperasi ini sudah sesuai dengan AD/ART Korpri berdasarkan Kepres No. 24 Tahun 2010" Tutup Yusri ( Adv/Riki Afandi)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre