Breaking News

Kunjungi UKEMMA Wabup Dukung UMKM di Tanah Datar untuk Terus Berkembang

Tanah Datar, Figurnews.com - Wakil Bupati Richi Aprian bersama Ketua GOW Ny. Richi Aprian didampingi Sekretaris Dinas Koperindag Lola Nasution dan Camat Batipuh Selatan Benny Yohendri mengunjungi salah satu UMKM di jalan lintas Nagari Guguak Malalo, Jum'at (1/7/2022).

Wabup Richi Aprian bersama Istri cukup terkesan dengan teknik pengolahan dan kemasan produk UKEMMA. 

"Di samping rasa yang nikmat, kebersihan dan kejelasan bahan produksi harus menjadi syarat utama, harus dicantumkan dalam kemasan dan juga logo halalnya, serta identitas bahwa ini adalah produk masyarakat Tanah Datar, bukan daerah lain," katanya. 

Untuk bantuan UMKM, kata Wabup, Pemerintah Daerah sudah meluncurkan Program Makan Rendang di Tanah Datar yang merupakan singkatan Maksimalkan Pemberantasan Rentenir Agar Hilang di Tanah Datar. 

"Program ini adalah bantuan usaha bagi UMKM di Tanah Datar dengan selisih margin atau bunga hanya 3% per tahun dengan maksimal Rp10 juta tanpa agunan. Ini bisa dimanfaatkan bagi pelaku UMKM kita," sampai Richi. 

Dan bagi UMKM yang sudah beranjak besar dan banyak usaha, tambah Wabup, segeralah beralih menjadi sebuah badan usaha koperasi. 

"Kalau sudah berbentuk koperasi yang memiliki legalitas serta produk usaha jelas, maka Pemerintah Daerah melalui Dinas Koperindag bisa memberikan bantuan maksimal Rp75 juta. Ini bantuan bukan pinjaman, makanya kalau sudah besar segera meningkat menjadi Koperasi," ujarnya. 

Dikatakan Richi lagi, untuk pemasaran produk UMKM pemerintah sudah membangun dan menyediakan di gedung promosi Tanah Datar di kota Batusangkar. 

"Silahkan kirimkan produknya untuk di pasarkan di gedung Promosi Batusangkar, terbuka luas bagi semua UMKM di Tanah Datar, tentunya berkoordinasi dulu dengan dinas Koperindag," pungkasnya. (Sutan/Pro)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre