Breaking News

Kota Solok Luncurkan Aplikasi"UMKM MANJUA


Solok Kota,Figurnews – Saat ini semua orang menggunakan internet, dengan berbagai kemudahan dan aplikasi media sosial, tak pelak dari itu orang-orang banyak mengunggah berbagai macam kegiatan dan aktifitas, termasuk salah satunya menjadikan media berdagang dalam bentuk mempromosikan produk, keuntungan dari ini dapat menjangkau semua orang secara real time.

Kegiatan yang berlangsung di Aula Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Solok ini di buka oleh Sekeretaris Dinas, Hanif yang didampingi oleh Kabid Perdagangan, Dodi Amril. Sementara itu narasumber berasal dari Kepala Cabang Kantor Pos Kota Solok, Mutia Rahmatul Azizah dan Kabid Infrastruktur dan Persandian dari Kominfo, Dedy Masri. Peserta yang mengikuti berjumlah 50 orang dari berbagai UMKM yang ada di Kota Solok, Senin (25/07).

Sekretaris Dinas menyampaikan, “ Manfaatkanlah segala fasilitas yang telah diberikan oleh oleh Pemerintah Daerah, serta aplikasi ini sangat berguna untuk mempromosikan produknya ke pasar yang lebih luas bahkan seluruh dunia, saya berharap kedepannya aplikasi ini lebih berkembang serta memiliki banyak manfaat,” ujar Hanif.

Sementara itu Mutia Rahmatul Azizah menjelaskan, keterkaitan Kantor Pos dengan aplikasi ini adalah untuk memudahkan proses pengiriman barang dari penjual ke pembeli (konsumen).

Dalam rangka mendukung hal tersebut Pemerintah Kota Solok memanfaatkan peluang itu untuk melakukan gebrakan agar UMKM Kota Solok semakin maju dan berkembang, yakni dengan meluncurkan Aplikasi “UMKM MANJUA” media mempromosikan produk UMKM di Kota Solok, untuK mengenalkan aplikasi ini kepada masyarakat terutama Pelaku UMKM, maka diadakan kegiatan pembinaan serta bimbingan teknis dalam pemanfaatan aplikasi ini.

Bagi UMKM yang ingin memiliki fitur COD pada toko yang mereka daftarkan di UMKM Manjua wajib adanya Pospay yang bertujuan memudahkan pembayaran atau transaksi antara penjual dengan PT POS setelah barang dibayar oleh konsumen, semoga kedepannya UMKM Manjua lebih maju lagi dan suatu saat ada pengiriman produk ke Luar Negeri,” harap Mutia.

Kepala Bidang Perdagangan menambahkan, syarat untuk mendaftarkan produknya ke aplikasi UMKM Manjua ini salah satunya yaitu UMKM tersebut asli dari Kota Solok, Karena tujuan pembuatan aplikasi ini memang untuk UMKM Kota Solok, keuntungan memakai aplikasi ini jangkauan lebih luas bahkan seluruh dunia.

Saat ini aplikasi masih dalam bentuk website, tapi ke depannya kami bersama Diskominfo akan mendaftarkannya melalui playstore sehingga lebih memudahkan bagi penjual dan pembeli,” jelas Dodi. (Ayu) 

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre