Breaking News

Kompol Indra Syahputra, SH MM Diamanahkan Ketua Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Pasaman Barat

 


Pasbar, Figurnews.com--

Kompol Indra Syahputra, SH MM  terpilih secara definitif sebagai Ketua Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Pasaman Barat pada Musyawarah Daerah (Musda) ke-1 Dewan Masjid Indonesia (DMI), yang dilaksanakan di Aula Kemenag Pasbar pada Sabtu (16/7)

Dalam Musda yang bertemakan "Masjid Makmur, Baldatun Thayyibatun Wa Rabbun Ghafur" tersebut, Indra Saputra menyebutkan bahwa masjid adalah rumah kedua bagi umat muslim. Banyaknya masjid di Pasbar harus dikelola dengan baik agar masjid dapat berfungsi sebagaimana mestinya bagi kemaslahatan masyarakat luas.

"Jika kita membahas masjid, kita sepakat masjid adalah rumah kedua bagi kita. Banyak masjid sebagai rumah ibadah di Pasbar tentu masih memiliki beberapa persoalan yang harus kita perbaiki dan sempurnakan. Setelah musda ini,  Kita menyusun program kerja bersama kepengurusan DMI Pasbar yang memiliki tugas yang sangat berat yaitu bagaimana mengelola masjid-masjid dengan baik", kata Indra Saputra Putra Kapa itu.

Dengan Terpilihnya Ia sebagai Ketua DMI Pasbar, akan mewadahi pengelolaan masjid di Pasbar yang berjumlah Hampir 500 an buah masjid dan lebih 700 unit mushalla.

"Artinya lebih kurang 1200 buah Masjid dan Mushalla yang menjadi tanggung jawab pengurus DMI terpilih untuk memberikan bimbingan teknis agar bisa menjadi semakin makmur dan berfungsi optimal. Memiliki manajemen yang lebih baik, administrasi yang lebih tertata, dan memiliki legalitas sehingga kedepan tidak ada lagi permasalahan tanah dan sebagainya.

"Insyaallah dengan diamanahkan ketua DMI Pasbar untuk periode 5 tahun kedepannya, Saya berharap mohon dukungan masyarakat, tokoh masyarakat, tokoh agama semua pihak dan pemerintah daerah untuk dapat membantu DMI Pasbar" harapnya. 

"Dengan telah dibentuknya kepengurusan DMI tentunya akan memberikan bimbingan teknis sehingga dapat memanajemen masjid dengan baik. Memakmurkan masjid akan mensejahterakan masyarakat. Membuat program rutin terhadap pengurus masjid, edukasi tentang mengelolah manajemen masjid yang transparan dan akuntabel", pungkasnya.

Sementara Wabup Pasbar Risnawanto dalam sambutan pembukaan Musda menuturkan pihak Pemerintah Daerah siap mendukung dan membantu kepengurusan administrasi seperti perbaikan legalitas masjid. 

Hal serupa disampaikan oleh Perwakilan pengurus DMI Provinsi Sumbar Suharjo Lubis, ia berharap kepengurusan DMI nantinya dapat berinovasi dan membuat terobosan baru. Kepengurusan DMI juga harus mampu membangun kepercayaan diri sendiri dan umat. 

Selain itu, mantan Sekdakab Pasbar Yudesri yang juga Ketua Pengurus DMI sebelumnya, berharap dengan terpilih Kompol Indra Saputra ketua DMI Pasbar insyaallah akan amanah. Berkerja maksimal, sehingga melahirkan masjid percontohan disetiap kecamatan dan disetiap nagari yang ada di Pasbar.

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre