Breaking News

Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari Hadiri Munas I AKPSI tahun 2022 tentang Tata Kelola Sawit Nasional

 


Sarolangun (JAMBI), Figurnews.com - Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari, SE menghadiri  Musyawarah Nasional (Munas) I Asosiasi Kabupaten Penghasil Sawit Indonesia (AKPSI)  tahun 2022, tentang komitmen Pemerintah dalam memperbaiki tata kelola sawit Nasional, Sabtu 16 Juli 2022 di Ancol Beach City Jakarta Utara. Munas I AKPSI 2022 juga dihadiri beberapa daerah dan pimpinan DPRD se Provinsi Jambi. 

Sebagaimana diketahui, karena sawit yang merupakan komoditas strategis dan unggulan Indonesia, maka perkebunan sawit berperan penting dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan perekonomian Nasional. Hal ini dapat terwujud dengan komitmen Pemerintah dalam memperbaiki tata kelola sawit Nasional mulai hulu hingga hilir. 

Ini  menjadi momentum strategis bagi Pemerintah Kabupaten untuk terlibat memberikan dukungan terhadap langkah Pemerintah karena Indonesia menjadi produsen terbesar Kelapa Sawit dengan produksi 49,7 juta ton pada 2021 menguasai sekitar 54 persen produk dunia dengan luas lahan saat ini ada sekitar 15,08 juta hektar yang tersebar di 160 Kabupaten di 21 Provinsi.


"Dengan terselenggaranya Munas APKSI tahun 2022 ini kita berharap kedepannya pengurus APKSI dapat memberikan kontribusi yang terbaik untuk masyarakat di daerah kita dan secara Nasional, terutama menyangkut masalah turunnya harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit, semoga dapat disikapi dengan arif dan bijaksana," kata Tontawi Jauhari. 

Dari informasi yang dihimpun media ini, beberapa poin diantara yang akan dilakukan Pemerintah  terhadap fluktuasi harga TBS Nasional yang cenderung rendah adalah akan menurunkan pajak ekspor, mempermudah ketersediaan pupuk subsidi dan retribusi dari sawit kepada Pemerintah Daerah Tingkat II maupun Provinsi, serta permudah akses memperoleh solar subsidi, yang akan disusun ke dalam regulasi. 

Untuk diketahui, Asosiasi Kabupaten Penghasil Sawit Indonesia (AKPSI) didirikan oleh Bupati Kabupaten penghasil sawit Indonesia dengan beranggotakan 160 Kabupaten penghasil sawit di 21 Provinsi dengan Ketua Pembina AKPSI Jenderal TNI (Pur) Luhut Binsar Pandjaitan yang mempubyai Visi yaitu menjadi mitra strategis Pemerintah Pusat dan Stakeholder perkebunan sawit dalam pembangunan memperjuangkan kepentingan daerah penghasil sawit khususnya pendapatan daerah dan kesejahteraan masyarakat di area perkebunan.

Adapun peserta yang hadir pada Munas AKPSI tahun 2022 ini adalah 22 Gubernur dan Pimpinan/Anggota DPRD Provinsi atau yang mewakili, 160 Bupati dan Pimpinan/Anggota DPRD Kabupaten penghasil sawit atau yang mewakili, perusahaan - perusahaan perkebunan sawit dan stakeholder sawit serta 16.303 Desa area perkebunan sawit. (AF)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre