Breaking News

Jaring Aspirasi di Masa Reses Anggota DPRD NTT Dominggus Dama Berbagi Kasih


KUPANG( NTT) FIGURNEWS.---

Masa reses untuk anggota Legislatif bukan untuk berlibur tetapi dimanfaatkan untuk menjaring aspirasi konstituen yang telah mempercayakan untuk duduk di Gedung Dewan.

Hal ini setidaknya dilakukan anggota DPRD NTT dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Dapil Sumba, Dominggus Dama atau akrab disapa D Dama.

Dalam safari reses selama sepekan ini D Dama mendatangi Umat dan Jemaat pada gereja-gereja juga ke kampung dan desa-desa dalam menjaring aspirasi untuk diperjuangkan di tingkat provinsi.

Pada puncak reses anggota DPRD NTT, D Dama,  melakukan kunjungan di GKS Jemaat Wailabubur, Kecamatan Kodi Utara, Jumat (15/07/2022).

GKS Jemaat Wailabubur ini merupakan rumah ibadah ke 36 yang disambangi wakil rakyat dapil Sumba tersebut selama enam hari melaksanakan reses kunjungan.

 Pada setiap rumah ibadah yang dikunjungi D Dama berkesempatan berdialog sekaligus menyerahkan sejumlah bantuan tali asih. Bantuan itu berupa handsprayer, seperangkat alat olahraga volley, dan dana pembinaan senilai Rp 1  juta.

Demikian halnya di GKS Jemaat Wailabubur bersama empat gereja cabang lainnya D. Dama menyerahkan bantuan tersebut sebagai wujud sumbangsih untuk pemberdayaan jemaat.

“Saya tidak bisa memberi yang besar karena keterbatasan yang ada pada saya. Tetapi semampu yang ada itulah saya akan beri untuk berbagi kasih dengan ibu bapak dan saudara-saudara saya di sini,” ujarnya ketika menyerahkan bantuan di GKS Cabang Noha.

Penyerahan bantuan dana pemberdayaan bagi Pemuda GKS Jemaat Wailabubur diterima

Pendeta Debora Maulaka, S.Siter.

Ia menandaskan, dirinya memilih lembaga agama untuk menyalurkan bantuan pemberdayaan tersebut bukan tanpa alasan. Menurutnya, gereja dipilihnya karena lembaga ini berurusan dengan hal rohani.

Setidaknya, kata dia, tumbuh rasa memiliki dan tanggung jawab diantara sesama jemaat untuk merawat dan mengembangkan bantuan yang diberikan sehingga benar-benar bermanfaat.

Pada kesempatan itu ia juga mengingatkan agar penyerahan bantuan tersebut jangan dipolitisir. Dirinya datang bukan untuk kampanye tetapi menjaring aspirasi dan menyerahkan bantuan sebagai wujud kepedulian kendati nilainya tidak seberapa.

“Saya datang tidak bermaksud kampanye, tapi sebagai wakil bapak, mama, saudara semua di DPRD provinsi.  Politik masih jauh di 2024, dan kalau ini terkait urusan politik tidak mungkin ibu pendeta kawal sendiri kunjungan hari ini,” ungkap D. Dama.

Dijelaskan D Dama, anggaran yang digunakan untuk membantu jemaat bersumber dari dana reses dan gajinya. Ia mengaku, sebuah kebahagiaan tersendiri baginya karena bisa berbagi, kendati harus mengggunakan gajinya sebagai wakil rakyat.     

Usai menyerahkan bantuan di GKS Cabang Noha, rombongan D. Dama melanjutkan perjalanan ke GKS Cabang Wai Mboro, Maleha, dan Liango Malagho.

 Di GKS Cabang Liango Malagho, secara spontan D. Dama menyumbang semen dalam bentuk uang tunai Rp 1 juta untuk pembangunan gereja tersebut.

Penyerahan bantuan spontan semen dalam bentuk dana untuk pembangunan gereja di GKS Cabang Liango Malagho,  Desa Waitaru, Kodi Utara.

Puncak reses kunjungan anggota Komisi IV DPRD NTT ini disudahi di GKS Jemaat Wailabubur yang merupakan gereja pusat. Selain menyerahkan bantuan, ia juga menyemangati kaum pemuda di gereja itu.

“Manfaatkan dengan baik bantuan seperangkat alat olahraga volley ini. Saya tantang adik-adik untuk buat turnamen, saya siap bantu piala dan lain-lain yang dibutuhkan,” tukasnya disambut applaus warga jemaat.

Bantuan handsprayer, alat olahraga volley dan uang tunai satu juta adalah bentuk pemberdayaan bagi jemaat dan pemuda gereja.  Ia berharap, sebagai modal usaha bantuan dana satu juta dapat dikembangkan oleh pemuda gereja.

Pada kesempatan itu, Pendeta GKS Jemaat Wailabubur, Pdt. Debora Maulaka, S.Siter menyampaikan terima kasih atas wujud kepedulian yang sudah ditunjukkan Dominggus Dama. 

Pendeta Debora menyatakan, baru pertama ada anggota DPRD provinsi berkunjung di GKS Jemaat Wailabubur.

“Terima kasih bapak D. Dama, wakil rakyat pertama yang datang melihat dan bahkan membantu kami jemaat di lima gereja yang ada di sini. Kami doakan bapak senantiasa dilindungi dan diberkati Tuhan untuk mampu menjalankan tugas pengabdian,” ucap Pendeta Debora.

Sebelumnya, dalam reses kali ini Dominggus Dama sudah menyambangi sejumlah gereja, baik Ktolik maupun Protestan di beberapa kecamatan. Pada setiap gereja yang disinggahi ia juga menyerahkan bantuan sebagai wujud kepeduliannya terhadap peran gereja dalam membina umat.(*/ER)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre