Breaking News

Bantuan 4 Sapi Qurban Diserahkan Gubernur Mahyeldi dan ASN Dinas Peternakan dan Keswan Propinsi Sumbar Untuk Korban Gempa Pasbar


Pasaman Barat,Figurnews.com

Dua hari menjelang Hari raya Idul adha 1443 H/2022 Masehi, Nagari Kajai kecamatan Talamau mendapat alokasi bantuan 4 ekor sapi kurban dari Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah dan dari ASN Dinas Peternakan dan Keswan Propinsi Sumatra Barat.

Kabar baik itu langsung disampaikan oleh Kepala Dinas Peternakan dan Holtikultura Kabupaten Pasaman Barat, drh. Doddy San Ismail ,MM, Jumat sore (8/7) di Simpang Empat.

Ia menyampaikan Jumat barokah ini Pasbar dapat bantuan sapi Qurban, sebanyak empat ekor sapi qurban dari Pemprov Sumbar, Selain itu pihaknya juga menambahkan  satu ekor sapi dan dua ekor kambing dari keluarga besar Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Pasbar untuk di alokasikan di Kajai dan Simpang Timbo Abu.

"Jadi kita sediakan lima ekor sapi, dua kambing, kalau ditotal keseluruhan berat badannya  lebih kurang 1,5 Ton

Menurutnya sapi segera di antar kelokasi pada malam Sabtu, selain itu sapi ini juga telah diperiksa oleh tim kesehatan hewan Provinsi dan kabupaten guna memastikan kesehatan sapi tersebut sebelum disembelih pada hari H Idul Adha, Senin pagi 1 Juli 2022".

“Tim dari dinas kesehatan hewan Kabupaten dan Provinsi telah memeriksa kesehatan sapi ini, Alhamdulillah sehat dan terbebas dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK ) terang Doddy San Ismail.

Selain itu Doddy juga menghimbau nkeapda panitia hewan Qurban agar memperhatikan kebersihan kandang dan pola makan sapi yang akan di sembelih pada Raya Idul adha tahun ini.

Dengan menjaga  pakan yang diberikan perhatian khusus. Menurutnya Hal ini dilakukan guna memastikan semua aspek terkait kesehatan sapinya benar benar terjaga.

”Selain kesehatannya,  kebersihan dan pola makannya agar diperhatian juga khusus pada hewan yang akan di qurban,” himbaunya.

Menurutnya, bantuan hewan qurban ini akan di antarkan ke lokasi pemotongan pada hari Sabtu 09/7 di daerah Kajai, Kabupaten Pasaman Barat.

 
"Nantinya daging hewan ini akan di distribusikan kepada warga nagari Kajai dan sekitarnya yang merupakan korban gempa yang terjadi 25 Februari 2022 lalu" katanya.

Doddy juga mengucapkan terimakasih atas bantuan gubernur Mahyeldi dan keluarga besar Dinas Peternakan Propinsi Sumbar beserta Dinas Pertanian kabupaten Pasbar.

Ia mengaku sangat terharu, apa lagi daging qurban ini juga akan dibagikan buat korban gempa Talamau.

(Dodi Ifanda)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre