Breaking News

Dispora Hadirkan Aplikasi Sipanda Muda,Optimalkan Databese Kepemudaan


Solok Kota,Figurnews.com – Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Solok kembali melakukan inovasi baru di bidang kepemudaan dengan diluncurkannya aplikasi Sipanda Muda (Sistem Informasi Pengelolaan Data Kepemudaan) yang bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Solok. Sebelumnya Dispora Kota Solok telah memiliki program Serdadu (Sentra Olahraga Terpadu) di bidang keolahragaan.

Sosialisasi aplikasi Sipanda Muda ini dibuka langsung oleh Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Solok, Bujang Putra yang didampingi oleh Sekretaris, Elsye Desilina, Kepala Bidang Pemuda, Pris Gusfo Pertason dan Kepala Bidang Olahraga Prestasi, Anwar bertempat di GOR Kota Solok Kelurahan Tanjung Paku, Rabu (20/7).

“Kami sengaja mengundang Bapak/Ibuk dalam kegiatan ini, dikarenakan sangat sulitnya mendapatkan data kepemudaan yang valid. Sehingga dengan aplikasi Sipanda Muda ini memudahkan dalam mendata seluruh pemuda di kota kita,” kata Kadispora dalam sambutannya.

“Salah satu inovasi yang dilakukan oleh Dispora yang bekerjasama dengan Diakominfo berkeinginan supaya satu data kepemudaan dapat tercapai. Nantinya dapat dipergunakan oleh Organisai Perangkat Daerah terkait selain Dispora,” tambahnya.

Dalam pemaparannya, Sekretaris, Elsye Desilina mengatakan data kepemudaan yang sekarang belum optimal yang datanya diambil dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil yang berdasarkan usia.

“Data kepemudaan sekarang belum optimal yang hanya didapat dari Disdukcapil yang berdasarkan usia. Dengan adanya aplikasi ini dapat menyajikan database kepemudaan yang berdasarkan subjek pemuda yang rentang usianya 16 sd 30 tahun sesuai UU Pemuda,” kata Sekretaris.

Juga diundang dalam sosialisasi ini, Perwakilan DPMTSP, Dinas Pariwisata, Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM, Diskominfo, Camat dan Lurah serta Ketua Pemuda Kelurahan se-Kota Solok.

Penggunaan aplikasi Sipanda Muda ini terdiri dari tiga pelaksana, pertama Surveyor yang dilakukan Ketua Pemuda Kelurahan yang melibatkan pemuda RT dan RW dengan mendata pemuda di kelurahan dan menginput berdasar subjek yang telah ada. Kedua, Operator oleh Dispora yang bertugas memverifikasi data yang telah diinput dan ketiga, Admin oleh Diskominfo dan Dispora bertugas melakukan filter data yang telah diverifikasi.

Aplikasi Sipanda Muda dapat di akses pada website: sipandamuda.solokkota.go.id.(ayu) 

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre