Breaking News

BNNK Pasaman Barat Tangkap Pengedar Sabu HS



Pasaman Barat,Figurnews.com

Seorang pria Inisial HS (43) diduga pelaku penyalahgunaan Narkoba atau pengedar narkotika jenis sabu diamankan Tim Penindakan Badan Narkotika Nasional BNN Kabupaten Pasaman Barat yang dipimpin langsung oleh Kepala BNN Kab Pasaman Barat Irwan Effenry Am, SH., MM pada Selasa malam (11/7) di Jembatan Batang Taun Jorong Padang Tujuh, Kenagarian Aua Kuniang, Kecamatan Pasaman Kabupaten Pasaman Barat, Sumbar.

Kejadian tersebut berawal dari laporan masyarakat terkait maraknya peredaran sabu di daerah Limpato, Kenagarian Kajai, Kecamatan Talamau selanjutnya Tim yang telah memperoleh profil terduga pelaku mendapatkan informasi bahwa terduga berada di daerah kajai akan menuju rumahnya di daerah kapar dan sekira pukul 21.30 wib.


Penangkapan yang dilakukan oleh BNNK setelah ada nya informasi dari masyarakat yang kemudian dilanjutkan penyelidikan yang dilakukan Tim penindakan BNNK Pasbar.


Kepala BNNK Pasbar Irwan Effenry AM, SH., MM., langsung terjun bersama Kasi Pemberantasan Bernardus Yudhanto Nugroho, SH serta Tim dalam melakukan penangkap tersebut.


"Penangkapan ini kita lakukan setelah adanya informasi dari masyarakat serta profil terduga pelaku sudah kita kantongi dan kita lanjutkan dengan penyelidikan selanjutnya kita penguntitan dan langsung ditangkap", jelas Irwan.


Pihaknya berhasil mengamankan tersangka dan menyita barang bukti berupa 1 (Satu) buah plastik warna biru yang didalamnya terdapat 1 (satu) buah plastik klip warna bening yang berisi 17 (Tujuh Belas) paket kecil Narkotika Golongan I bukan tanaman diduga jenis Sabu (Methampetemine) yang dibungkus dengan plastik warna bening, 1 (Satu) unit handphone merek Samsung GT-C3520 warna hitam.

Selain sabu, petugas juga menemukan uang di dalamsaku celana sebelah kanan tersangka.  

"Kita temukan juga uang sebanyak Rp. 860.000,- (delapan ratus enam puluh ribu rupiah) yang diduga merupakan hasil penjualan sabu. Turut diamankan  1 (Satu) unit kendaraan roda dua jenis Yamaha Mio G warna Putih-Merah, 1 (Satu) set alat hisap sabu berupa bong yang terbuat dari botol minuman plastik warna biru, 1 (Satu) buah kaca pirek, 1 (Satu) helai Celana Pendek warna cokelat merek BE FOREVER UGIZ" ura Irwan.

Ia menambahkan dengan adanya penangkapan ini, BNNK Pasbar mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam pemberantasan penyalahgunaan narkoba di Pasbar ini.

"Jadi dengan ada nya sinergi BNNK dan masyarakat dalam pemberantasan peredaran narkoba ini maka masyarakat jangan takut-takut untuk melaporkan adanya peredaran Narkoba di Pasaman Barat dan Kabupaten Pasaman yang juga wilayah kerja BNNK Pasbar", kata Kaban Irwan didampingi Kasi Pemberantasan Bernardus Yudhanto Nugroho.

Tak bosan-bosan nya Pihaknya menghimbau agar bagi masyarakat yang ada keluarganya korban dari peredaran narkoba agar segera melaporkan kepada pihak BNNK untuk di lakukan assessment dan rehabilitas bagi korban penyalahgunaan Narkoba.

"Pada saat ini sudah lebih 50 orang yang dilakukan rehab jalan maupun rehab inap untuk pemulihan. Kita beri rujukan ke balai besar rehabilitasi LIDO, jadi nanti bagi masyarakat yang keluarganya ada korban akibat Narkoba dan melaporkan ke BNNK untuk kita lakukan assesment dan rehab", jelas Kaban.

"Untuk saat ini tersangka HS sudah kita amankan di kantor BNNK Pasbar", ujar Kaban.

Menurut Kaban, HS terancam  Pasal 114 ayat (1) Subsider Pasal 112 ayat (1) UU Republik Indonesia Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman maksimal 20 tahun minimal 5 tahun. Karena yang kita tangkap ini merupakan salah seorang pengedar tentunya dikenakan hukuman pidana penjara dan denda.

(dif)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre