Breaking News

𝗧𝗜𝗠 𝗦𝗧𝗨𝗗𝗜 𝗧𝗜𝗥𝗨 𝗣𝗘𝗠𝗞𝗔𝗕 𝗕𝗢𝗡𝗘 𝗣𝗥𝗢𝗩𝗜𝗡𝗦𝗜 𝗦𝗨𝗟𝗔𝗪𝗘𝗦𝗜 𝗦𝗘𝗟𝗔𝗧𝗔𝗡 𝗕𝗘𝗟𝗔𝗝𝗔𝗥 𝗜𝗠𝗣𝗟𝗘𝗠𝗘𝗡𝗧𝗔𝗦𝗜 𝗦𝗔𝗞𝗜𝗣 𝗗𝗜 𝗞𝗔𝗕𝗨𝗣𝗔𝗧𝗘𝗡 𝗕𝗔𝗡𝗚𝗚𝗔𝗜


Banggai, Figurnews.com- Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Banggai Moh. Ramli Tongko, S.Sos., S.T., M.Si. hari Senin (04/07/2022) menerima kunjungan Tim Studi Tiru Pemerintah Kabupaten Bone di Ruang Pahangkabotan Bappeda Litbang Kabupaten Banggai. Rombongan yang berjumlah 13 orang tersebut dipimpin oleh Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Bone, H.A. Yusuf, S.IP., M.H.

Kegiatan Studi Tiru ini dilakukan sehubungan dengan peningkatan nilai SAKIP Pemerintah Kabupaten Bone dan persiapan pelaksanaan evaluasi Akuntabilias Kinerja Tahun 2022 yang berdasarkan PermenpanRB Nomor 88 Tahun 2021 tentang Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.

Menurut Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Bone, sejogjanya Bupati atau Wakil Bupati Bone dan atau Sekda Bone yang memimpin tim Studi Tiru ini ke Kabupaten Banggai, hanya saja karena kesibukan sehubungan dengan baru selesainya kegiatan MTQ di Kabupaten Bone. "Dan Bupati menunjuk saya untuk memimpin dan berkunjung ke Kabupaten Banggai, dalam rangka Studi Tiru terkait dengan SAKIP," kata H.A. Yusuf diawal sambutan pengantar. "Saat tiba di Luwuk bersama anggota tim Studi Tiru Kabupaten Bone, kami berdecak kagum melihat keindahan alam disini. Dan kami pun disambut dengan sangat ramah. Makanya kami berpikir, tidak salah kami datang melakukan Studi Tiru di kabupaten ini," sambungnya yang disambut tepuk tangan yang hadir.

Menurut Ramli Tongko, berdasarkan surat pemberitahuan, bahwa ini adalah Studi Tiru. "Tapi kami mengatakan, bahwa ini adalah belajar bersama. Bersama-sama belajar SAKIP di Kabupaten Banggai. Kami merasa terhormat, bahagia dan tersanjung karena Tim Pemkab Bone datang ke Kabupaten Banggai untuk sama-sama belajar tentang SAKIP," kata Kepala Bappeda Litbang yang ramah senyum ini. Menurut Ramli Tongko, bahwa memang Kabupaten Banggai sudah 3 tahun berturut-turut ini mendapatkan nilai A, tapi bukan berarti sudah sempurna, sudah sangat baik, sudah menjadi sesuatu yang patut dicontoh, tapi Kabupaten Banggai juga masih ada kekurangan-kekurangan, dan mungkin kita bisa share dan belajar bersama.

Sementara itu disampaikan oleh H.A. Yusuf, Kabupaten Bone, selama tiga tahun berturut-turut untuk SAKIP memperoleh nilai B. Komponen penilaian tahun 2021, untuk Penilaian Kinerja (23,15), Pengukuran Kinerja (15,23), Pelaporan Kinerja (11,08), Evaluasi Internal (6,84) dan Capaian Kenerja (9,74). Akumulasi dari semua ini adalah 66,04 sehingga nilai SAKIP Kabupaten Bone adalah B. "Kami berharap, penilaian SAKIP ke depannya bisa meningkat, minimal bisa mendapatkan nilai BB," tandasnya.

"Itulah sebabnya pada hari ini kami hadir, karena dari beberapa rekomendasi dari KemenpanRB, salah-satunya adalah merekomendasikan Kabupaten Banggai sebagai lokus Studi Tiru," kata Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Bone sambil tersenyum. "Kami berharap, Saudara-Saudara kami yang ada di Kabupaten Banggai ini, bisa membantu kami, mengajar kami, sehingga apa yang menjadi harapan kami di Kabupaten Bone, apa yang telah didapat oleh Kabupaten Banggai, bisa juga didapat oleh Kabupaten Bone," lanjut H.A. Yusuf mengakhiri sambutan pengantarnya.

Pada kesempatan tersebut, dilakukan kegiatan pertukaran cendera-mata dan foto bersama, yang kemudian dilanjutkan dengan pemaparan perkembangan implementasi SAKIP di Kabupaten Banggai oleh Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Banggai Ramli Tongko, yang didampingi oleh Inspektur Inspektorat Daerah Kabupaten Banggai Imran Suni, SE., M.Si. Pada kegiatan tersebut hadir juga pejabat yang menangani SAKIP pada Bappeda Litbang, Inspektorat, BPKAD, dan Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Banggai.

Rombongan kegiatan Studi Tiru ke Kabupaten Banggai Provinsi Sulawesi Tengah yang dilakukan oleh Tim Pemkab Bone yang tiba di Luwuk hari Minggu (03/07/2022) dengan Sriwijaya Air ini, berlangsung selama 2 hari, yakni Senin dan Selasa, tanggal 4-5 Juli 2022 bertempat di Bappeda Litbang Kabupaten Banggai. (Rahmat)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre