Breaking News

Wako Zul Elfian Didaulat Jadi Narasumber Sosialisasi Pendamping PMKS

 


Solok Kota,Figur news.com -Wali Kota Solok H. Zul Elfian Umar, SH, M.Si didaulat menjadi narasumber dalam kegiatan sosialisasi kepada pendamping Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) dan orang tua yang anaknya mengalami Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial pada Kamis (23/06/2022) bertempat di Aula Dinas Sosial Kota Solok.

Dalam pemaparannya Wako Zul Elfian mengatakan bahwa, “ini merupakan tugas pemerintah, segala cara harus dilakukan membantu saudara kita yang menyandang masalah sosial. Kepedulian harus kita kembangkan untuk seluruh masyarakat Kota Solok”. Jangan sampai ada masyarakat Kota Solok yang kelaparan. Kota kita merupakan daerah penghasil beras ternama, tentu hal yang janggal jika ada masyarakat daerah kita yang kelaparan.

Iman, ekonomi dan pendidikan masyarakat Kota Solok harus diperhatikan karena ini merupakan akar dari kehidupan. Bagi para penderita ODGJ, ini merupakan penyakit yang tidak kita inginkan, namun itu merupakan ladang amal bagi para orang tua. Jika ada pasien ODGJ yang tidak bisa dirawat dirumah, sesegera mungkin kita kirim ke Rumah Sakit Jiwa untuk mendapatkan pengobatan.

“Bimbingan mental serta keahlian harus diberikan kepada pendamping PMKS untuk membantu dan mendampingi pasien yang mengalami ODGJ serta para orang tua. Kita harus menghibur dan berusaha agar masyarakat Kota Solok bisa sehat selalu,” ungkap Wako.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Zulfadli, SH menuturkan bahwa, “kegiatan ini bertujuan untuk membantu meningkatkan pengertian masyarakat untuk berperan dan terlibat dalam membantu keluarga yang mempunyai anak dengan gangguan jiwa (ODGJ) dan jangan mengucilkan dan menjauhi mereka”.

Pendamping memegang peranan penting dalam membantu kesembuhan pasien gangguan jiwa. Pendamping hendaknya membangun hubungan yang baik dengan pasien. “Kita bisa membahagiakan orang lain tidak selalu dengan uang, kita susah melihat orang susah dan senang melihat orang senang, senangi yang di Bumi yang dilangit akan menyenangi kita,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut selain Wali Kota Solok H. Zul Efian Umar, SH, MSi, juga turut hadir Kepala Dinas Sosial Propinsi Sumatera Barat Har Yumandi, SKM, MKM, dari Rumah Sakit Jiwa Prof. HB. Saanin Padang NsBasmanelly, M.Kep, Sp.Kep, selaku narasumber dan juga hadir Kepala Dinas Sosial Kota Solok Zulfadli, Sekretaris Dinas Sosial Kota Solok Effendi Gazali, serta pendamping PMKS dan para orang tua.(ayu) 

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre