Breaking News

Wakili Bupati, Sekretaris Kab. Banggai Hadiri Kegiatan Lomakarya Diseminasi metodologi , Hasil dan Pembelajaran Proyek NSLIC/NSELRED



Banggai, Figurnews.com- Mewakili Bupati Banggai, Sekretaris Kabupaten Banggai Ir. Abdullah., M.Si menghadiri kegiatan Lokakarya Diseminasi Metodologi, Hasil, dan Pembelajaran Proyek NSLIC/NSELRED, yang bertempat di Gammara Hotel Makassar, Jl. H.M Daeng Patompo, Metro Tanjung Bunga, Makassar, Rabu (15 Juni 2022).

Proyek NSLIC/NSELRED (National Support for Local Investment Climates/National Support for Enhancing Local and Regional Economic Development) adalah proyek yang didanai oleh Pemerintah Kanada dan merupakan kerjasama antara Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas dan Pemerintah Kanada melalui Global Affairs Canada (GAC). 

Menurut Deputi Pelayanan Publik, Kementerian PAN&RB, Ibu Prof. Dr. Diah Natalisa, MBA,tujuan proyek NSLIC/NSELRED untuk meningkatkan lapangan pekerjaan dan pendapatan perempuan dan laki-laki miskin melalui dukungan untuk perbaikan iklim investasi dan pengembangan ekonomi regional dan lokal. 

“Diharapkan bahwa lokakarya ini akan membantu meningkatkan pengetahuan peserta dan mendorong replikasi di berbagai wilayah di Indonesia” terangnya saat memberikan sambutan.

Menurut Plt. Direktur Regional II, Kedeputian Bidang Pengembangan Regional Bappenas, Bapak Muhammad Roudo, proyek NSLIC/NSELRED yang dirancang selama 6 tahun yaitu dari tahun 2016-2022 ini terdiri dari dua komponen utama yaitu peningkatan kapasitas untuk memperkuat iklim investasi lokal dan pengembangan ekonomi lokal dan regional termasuk di wilayah Sulawesi Selatan. 

“dan juga untuk pengembangan inovasi daerah termasuk di Provinsi Sulawesi Selatan” tuturnya.

Kepala Bappedalitbang Provinsi Sulawesi Selatan, Ir. Andi Darmawan B, mengatakan kegiatan lokakarya akan berlangsung selama dua hari yaitu: hari ini 15 Juni yang terdiri dari pembukaan lokakarya, dan pelaksanaan pelatihan di 3 kelas secara simultan atau bersamaan yaitu kelas Kerjasama Antar Daerah, kelas Mall Pelayanan Publik, dan Kelas Pengembangan ekonomi lokal. 

“Hari kedua 16 Juni yang terdiri dari : lanjutan kelas Kerjasama Antar Daerah, dan kelas Dana Inovasi Responsif, dan akses pemasaran produk dan komoditas UMKM ke Pasar Domestik dan Internasional” terangnya saat saat membuka kegiatan mewakili gubernur Sulawesi Selatan.

Selanjutnya Presentasi hasil Proyek NSLIC oleh Bapak Peter Walton, Direktur enslik/enselred. 

Pada sesi diskusi, Sekda Banggai Ir. Abdullah memberikan saran dan masukan untuk tim NSLIC/NSELRED di Lokakarya diseminasi tersebut.

Sebelum kegiatan berakhir, dilanjutkan dengan penyerahan plakat ucapan terima kasih kepada perwakilan Gubernur Sulawesi Selatan selaku tuan rumah, diserahkan oleh perwakilan Bappenas Bapak Muhammad Roudo, disaksikan oleh Direktur enslik/enselred Bapak Peter Walton, dan perwakilan Global Affairs Canada, Ibu Melisa Go. Untuk itu kami persilahkan Bapak Peter Walton, Bapak Muhammad Roudo, dan Ibu Melisa Go, serta Bapak Ir. Andi Darmawan B.untuk maju kedepan, dan berakhir dengan foto bersama.

Hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Bappeda Provinsi Sulawesi , Plt. Duta Besar Kanada untuk Indonesia, Senior Development Officer, Global Affairs Canada, Bupati Kolaka Timur, Bupati Tapin, Bupati Kalsel, Bupati Gorontalo Utara, Deputi Pelayanan Publik, KemenPan RB, Kementerian Koperasi dan UMKM, Deputi Bidang Pengembangan Regional, Kementerian PPN/BAPPENAS, yang diwakili oleh Plt. Direktur Regional II, serta tamu undangan penting lainnya. ( Rahmat)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre