Breaking News

TP-PKK Kabupaten Agam Hadirkan Inovasi E-Dasawisma Kerjasama Dinas Kominfo Agam

 


Agam, Figurnews.com - Jelang penilaian 10 program pokok PKK pada Senin (6/6) ini, TP-PKK Nagari Lubuk Basung melakukan sejumlah persiapan.

Dalam kesempatan ini, TP-PKK Nagari Lubuk Basung sebagai Nagari binaan TP-PKK Kabupaten Agam menjadi perwakilan Kabupaten Agam dalam Jambore PKK tingkat Provinsi yang akan dilaksanakan Juli mendatang.

Untuk memenuhi harapan menjadi juara pada Jambore PKK kali ini, TP-PKK menghadirkan inovasi-inovasi diberbagai bidang kelompok kerja (Pokja).

Inovasi-inovasi tersebut seperti, pertama pada Bidang sekretariat yaitu TP-PKK bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Agam menghadirkan aplikasi E-Dasawisma, yang mana sudah dilakukan sosialisai dan pelatihan dari Diskominfo terkait penggunaan aplikasi kepada anggota TP-PKK dan sudah mulai diterapkan.

Bidang Pokja 1 yaitu terbentuknya rumah singgah Paredi,yang mana nantinya kan diadakan pembinaan berbagai kegiatan untuk Paredi oleh tim pelaksana PAAREDI, dan juga menyediakan celengan yang terbuat dari bambu yang bertujuan agar anggota dasawisma dapat menabung dan nantinya akan diberikan kepada anak yatim yang ada di dasawisma tersebut.

Bidang Pokja 2 yaitu Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) yang terbentuk dari beberapa kelompok dasawisma yang tergabung kedalam Poklak (Kelompok Pelaksana). Bentuk usaha yang dihadirkan beragam, sesuia pelaku usaha yang ada di masing-masing Jorong. 

Produk yang diunggulkan yaitu “Bagonjong” merupakan makanan olahan rinuak. 

Bidang Pokja 3 menghadirkan inovasi pelabelan tanaman yang sudah memanfaatkan teknologi terkini, yaitu dengan menggunakan barcode.

Selanjutnya, adanya Bank Sampah yang harapannya masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan dan dapat memanfaatkan bank sampah tersebut.

Bidang Pokja 4 yaitu himbauan “Satu Hari Tanpa Asap Rokok” setiap hari Rabu.

Ketua TP-PKK Kabupaten Agam, Ny. Yenny Andri Warman saat ditemui di Kantor Wali Nagari Lubuk Basung, Minggu (5/6) dalam peninjauan persiapan H-1 penilaian 10 program pokok PKK, menyampaikan harapannya agar Kabupaten Agam dapat meraih Juara Umum pada Jambore PKK tingkat Provinsi nantinya.

“Dengan kerja keras TP-PKK Nagari Lubuk Basung bekerjasama dengan TP-PKK Kecamatan dan Kelompok Dasawisma, harapannya Kabupaten Agam dapat meraih juara umum,” tuturnya.

Disamping itu, Ketua TP-PKK Nagari Lubuk Basung, Ny. Ernis Darma Ira Putra menyampaikan bahwa dengan adanya lomba ini merupakan suatu proses untuk belajar lebih maju bagi TP-PKK, dan beliau berharap agar TP-PKK Nagari Lubuk Basung sebagai utusan Kabupaten dapat memberikan yang terbaik.

“Dengan adanya dukungan dari berbagai pihak, semoga TP-PKK Nagari Lubuk Basung bisa menjadi yang terbaik di tingkat Provinsi,” ujar beliau dengan semangat.

Ny. Ernis Darma Ira Putra mengaku terdapat kendala dalam mempersiapkan kegiatan, karena kurangnya komunikasi dan interaksi, namun seiring berjalannya waktu, kendala tersebut dapat diatasi, sehingga saat ini tim pelaksana kegiatan  memiliki manajemen yang bagus dalam mempersiapkan diri untuk penaian ini.(Fa)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre