Breaking News

Polres Pasaman Barat Sosialisasi Menangkal Paham Radikalisme NII dan KMI


Pasaman Barat,Figurnews.com--Kepolisian Resor Pasaman Barat melaksanakan sosialisasi Pencegahan paham radikalisme  pada acara Rakor Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) se Kabupaten Pasaman Barat, Selasa (21/6/ 2022) pukul 10.00 - 11.20 WIB bertempat di Aula Kantor Kemenag setempat.
Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pasaman Barat M. Nur, MA, Kasi Haji dan Umroh Kemenag Kab. Pasaman Barat Ust. H. Suharjo Lubis, S.PdI, Kasi Binmas Kemenag Kab. Pasaman Barat Asriwan, S.Ag serta Kepala KUA dan Penghulu Pernikahan se Kabupaten Pasaman Barat.
Kapolres yang diwakili oleh Kasat Intelkam AKP Zukri Ilham, SH  menyampaikan kegiatan sosialisasi ini bertujuan Menangkal Paham Radikalisme (NII dan KMI) dengan tema "Meningkatkan daya tangkal dan Kewaspadaan Penyebaran Radikalisme, Terorisme dan Intoleransi untuk mewujudkan Kamtibmas Kondusif dan Modernisasi beragama untuk kemaslahatan Umat". 
Ia menyampaikan Materi tentang Menangkal Masuknya Paham Radikalisme (NII dan KMI) di Kab. Pasaman Barat serta Strategi Penanggulangan Terorisme dan Radikalisme Pro Kekerasan.
Dalam kesempatan tersebut AKP Zukri Ilham, SH juga menyampaikan tentang Ciri dan Karakteristik Kelompok Radikal dan Intoleransi serta Langkah yang sudah dilakukan Polres Pasaman Barat dalam menangkal masuk Paham Radikalisme NII, KMI dan sejenisnya di Kabupaten Pasaman Barat.
Untuk diketahui, Jajaran Polres Pasaman barat juga telah melakukan langkah-langkah koordinasi dengan Stakeholder terkait seperti Kejaksaan, Kesbangpol, Kemenag, MUI, FKUB serta Koordinasi dengan Tokoh Agama, Adat dan Masyarakat dalam rangka mendeklarasikan Penolakan terhadap Paham Radikalisme serta perlunya Peran Perangkat Nagari /Kepala Jorong dalam rangka pendataan setiap warga yang baru masuk dimasing-masing wilayah kerjanya.
"Mari bersama-sama tingkatkan keyakinan, Semangat Kebangsaan dan Toleransi serta fahami nilai-nilai Agama yang Moderat dan Damai serta Kenali Individu dan Kelompok yang mengajarkan serta mengajak Kekerasan, Kebencian dan Intoleransi selanjutnya sampaikan kepada Pihak Berwajib jika ada indikasi gerakan aksi dan aktifitas yang mengarah pada Radikal dan Terorisme tersebut.
"Kita berpesan khusus kepada Penyuluh Agama agar memasukkan Materi Antisipasi Paham Radikalisme dalam memberikan Nasehat Pernikahan guna membentuk Rumah tangga sebagai benteng utama untuk menangkal Radikalisme dan Intolerasi" pungkasnya mengakhiri.
(Dodi Ifanda)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre