Breaking News

Operator Desa se- Kecamatan Sungai Lilin Ikuti Pelatihan Santan Berbasis Android


SUNGAI LILIN , Figurnews.com - Keberadaan Sistem Aplikasi Nomor Tanah Desa atau disingkat (SANTAN) yang sebelumnya hanya berbentuk web sekarang sudah berbasis android.

Untuk itulah terkait hal ini , pihak CV Mujio Punakawan selaku developer aplikasi melakukan sosialisasi dan pelatihan ke petugas dan operator di desa. 

Kegiatan ini berlangsung di Kecamatan Sungai Lilin, Kabupaten Musi Banyuasin, Senin (6/6/2022) dan tampak juga turut dihadiri Sekcam Sungai Lilin , Kasi pemerintahan Kecamatan , Operator desa se- Kecamatan Sungai Lilin  serta  dari pihak CV Mujio Punakawan.


"Hari ini , kita kembali menggelar sosialiasi sekaligus pelatihan Santan berbasis android. Kecamatan Sungai Lilin yang pertama rencananya kita akan melakukan sosialisasi ke seluruh kecamatan diwilayahnya Kabupaten Muba," jelas Andri Prayogi Direktur CV Mujio Punakawan kepada  awak media usai kegiatan.

Andi mengungkapkan,  dengan berbasis android ini tentunya bisa semakin mempermudah operator yang ada di desa dalam mengelola aplikasi Santan ini.

 "Jadi untuk membuka aplikasi ini sekarang tidak perlu lagi masuk ke google karena bisa langsung di buka, ini tentu jauh lebih mudah," paparnya.

Diungkapkan Andi setiap ada update di aplikasi Santan ini pihaknya akan selalu memberikan pelatihan kepada operator yang ada di desa. Hal ini bertujuan agar perangkat desa tidak ada kendala dalam pengoperasian di desa. 

"Memang untuk berbasis android ini kita sudah lama merencanakan namun ada juga masukan dari perangkat desa," paparnya.

Santan desa ini sendiri diakui Andi merupakan aplikasi yang membantu untuk digitalisasi data base tanah di desa. Ia mengungkapkan masyarakat bisa terus informasi pertanahan yang ada didesa dari mana pun mereka berada. 

"Meskipun di pemerintahan desa ada pergantian ataupun perubahan formasi perangkat namun untuk data lama masih tetap aman, masyarakat pun bisa mudah mengakses dari manapun," paparnya.


Camat Sungai Lilin Agus Kurniawan Saputra Sip Msi melalui Sekcam Affendi Darojat SH MH mengungkapkan pihaknya sangat mendukung dengan keberadaan aplikasi Santan ini. Menurutnya hal ini membuat administrasi tanah di desa jauh lebih aman dan tertib.

"Kami harap perangkat desa dapat memanfaatkan pelatihan ini sebaik mungkin, sehingga pada saat pelaksanaan di lapangan tidak ada kendala," tutupnya.( Dr)

Editor posting   : DARMANTO

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre