Breaking News

Kembali Terima Hibah Tanah, KKP Terus Kembangkan SDM melalui Politeknik KP Dumai

Kembali Terima Hibah Tanah, KKP Terus Kembangkan SDM Melalui Politeknik KP Dumai


DUMAI -FIGURNEWS.COM - (7/6) – Dalam upaya memperkuat Sumber Daya Manusia (SDM) kelautan dan perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Badan Riset dan SDM Kelautan dan Perikanan (BRSDM) KKP bersinergi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Dumai, Riau terkait lahan untuk penyelenggaraan pendidikan. KKP mendapatkan hibah tanah dari Pemkot Dumai untuk pengembangan Politeknik Kelautan dan Perikanan (Politeknik KP) Dumai.

Pada Senin (6/6), dilakukan serah terima Barang Milik Daerah berupa tanah seluas 5,3 hektar dari Pemkot Dumai ke KKP. Perjanjian hibah dan Berita Acara Serah Terima (BAST) ditandatangani oleh Sekretaris BRSDM Kusdiantoro dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Dumai Indra Gunawan. Dukungan Pemkot Dumai berupa hibah tanah tersebut merupakan yang ketiga kalinya. Hibah pertama diserahkan pada 2015 dan hibah kedua pada 2021.

"Dukungan ini adalah sebuah kepercayaan dari Pemkot Dumai kepada KKP dan kepercayaan ini adalah sebuah amanah yang harus kami laksanakan dan jalankan semaksimal dan sebaik mungkin, dengan mencetak SDM kelautan dan perikanan yang berakhlak mulia, kompeten, disiplin, mandiri, dan berdaya saing. Serta kami juga akan menjadikan Politeknik KP Dumai yang unggul, kreatif, inovatif, dan berdaya saing tinggi serta berstandar internasional," ujar Kusdiantoro.

Ia mengatakan, Politeknik KP Dumai menyelenggarakan pendidikan tinggi sejak 14 Maret 2017 dan mempunyai tugas pokok menyediakan dan mengembangkan SDM kelautan dan perikanan untuk menjadi salah satu prime mover perekonomian menuju bangsa Indonesia yang maju, makmur, dan berkeadilan. Bertitik tolak dari tuntutan tersebut, maka kebijakan yang ditempuh dalam proses penyelenggaraan pendidikan yakni mewujudkan SDM kelautan perikanan yang berjiwa wirausaha, profesional, dan bermoral. Selain sebagai penyelenggara kegiatan pendidikan tinggi, keberadaan Politeknik KP berperan sebagai motivator, dinamisator, dan akselerator pembangunan kelautan dan perikanan. 

"Semoga sinergi antara KKP dengan Pemerintah Kota Dumai dalam penyelenggaraan pendidikan kelautan dan perikanan tetap terjaga dengan baik, sehingga dapat mewujudkan SDM kelautan dan perikanan yang kompeten dan mencetak SDM unggul yang mampu bersaing sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan industri," pungkasnya.

Sekda Indra Gunawan turut merasa gembira dengan proses serah terima hibah lahan ini. Ia mengungkapkan, hibah ini bertujuan untuk kepentingan umum, yaitu untuk kepentingan penyelenggaraan tugas dan fungsi Politeknik KP Dumai. 

"Untuk itulah, kami meminta dengan sangat agar segera memulai pembangunan fisik agar Politeknik KP Dumai semakin dapat meningkatkan aktivitas taruna dan taruni dalam menuntut ilmu. Mohon seluruh pihak-pihak yang berkepentingan agar segera mengurus kelengkapan administratif atas tanah BMD ini agar pembangunan dapat segera terlaksana," tuturnya.

Indra menambahkan, pemerintah akan melakukan apa pun demi majunya pendidikan generasi milenial dan seluruh masyarakat Kota Dumai. Pemkot Dumai rela memberikan aset agar masyarakat cerdas dan memiliki pendidikan yang baik sehingga mampu bersaing ke depannya.

"Oleh karena itu, kami meminta KKP melalui BRSDM untuk memperhatikan daerah kami. Mari kita bersinergi untuk kemajuan bangsa ini. Dengan semakin eksisnya Politeknik Perikanan di Dumai, maka kami berharap perhatikanlah putra-putri Dumai agar bisa menuntut ilmu di politeknik ini," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, pada wisuda satuan pendidikan tinggi lingkup KKP Tahun 2021, Menteri Trenggono mengatakan bahwa pendidikan di lingkungan KKP menerapkan sistem pendidikan vokasi di bidang kelautan dan perikanan yang mencetak lulusan unggul dan berjiwa wirausaha, sehingga lulusan siap kerja dan dapat diterima dengan mudah di dunia usaha dan industri. Menurutnya, peran pendidikan kelautan dan perikanan adalah mengembangkan SDM yang berintegritas, produktif, kreatif dan inovatif berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi berkelanjutan sebagai kunci utama dalam percepatan pembangunan kelautan dan perikanan.

Sebagai informasi, KKP memiliki 20 satuan pendidikan, yang terdiri dari satuan pendidikan tinggi dan menengah. Pendidikan vokasi diselenggarakan melalui pendekatan teaching factory dengan porsi praktik 70% dan teori 30%. Biaya pendidikan disubsidi oleh negara. Sebanyak 55% kuota peserta didik diisi oleh anak-anak pelaku utama kelautan dan perikanan, seperti nelayan, pembudidaya ikan, pengolah dan pemasar ikan, serta petambak garam. Saat ini tengah dilakukan penerimaan taruna baru melalui tautan www.pentaru.kkp.go.id.

HUMAS BRSDM

(Deva)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre