Breaking News

Kadisdag Sumsel Sayangkan Subsidi Migor di Cabut Tapi HET Tidak di Cabut


Palembang, Figurnews.com,-

Kepala Dinas perdagangan Provinsi Sumatera Selatan Drs. H. Ahmad Rizali, MA menyayangkan Peraturan Menteri Perindustrian nomor 26 tahun 2022 tanggal 23 Mei tentang mencabut Subsidi Minyak Goreng. Namun sayangnya Peraturan menteri perdagangan nomor 11 tahun 2006 tidak di cabut.

"Ini kan unik Subsidi di Cabut tapi HET tentang Permendag nomor 11 tidak di Cabut," Katanya saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (07/06/2022).

Nah di khawatir, Lanjut dia dengan adanya Peraturan tersebut nantinya Minyak goreng akan terjadi ke kosongan kembali, karena produsen tentunya merasa dirugikan.

"Karena kalau tanpa subsidi harga minyak goreng berkisar diangka 17 ribu dengan terjadi selisih 3rb. Disini kita lihat siapa yang mau mengganti kerugian produsen hingga akhirnya orang tidak mau menjual, nah artinya kebijakan yang tidak tersebut tidak sinkron," jelasnya

Untuk mengatasi Kelangkaan,Dia mengungkapkan bahwa diterbitkan lagi Permendag nomor 33 tahun 2022 adanya minyak Goreng Rakyat dengan harga 14 ribu perliter. Namun sampai saat ini belum terealisasi.

"Rencananya akan adanya minyak Goreng curah rakyat dengan harga perliter 14 Ribu.Jadi tidak lagi dijual pakai tanky, akan tetapi dalam bentuk Bungkusan dijual di warung pangan tapi sampai saat ini realisasi nya belum ada juga , warung pangan nya juga belum ada,"Ungkapnya

Di tambah lagi pembelian minyak goreng menggunakan KTP, nah ini sebenarnya menyasar kepada siapa. Apa rakyat miskin..??. Tapi pada dasarnya seluruh masyarakat memerlukan minyak goreng khusus nya untuk penjual gorengan dan UMKM, nah itu harus di pikirkan juga.

"Dengan adanya penggunaan KTP saat pembelian minyak goreng, dan itu apakah untuk rakyat miskin yang katanya berdasarkan data dinsos. Yang rakyat tidak miskin tetap butuh juga minyak goreng. Nah saya lihat di sini kebijakan ini tidak konferensif dan sampai sekarang belum ada juknisnya," ucap Kadisdag Sumsel

Menurutnya, Jika Subsidi di Cabut tentunya HET juga dicabut. "Seharusnya Subsidi di cabut ya Permendag juga di cabut jangan jalan masing-masing,"terangnya. (Fera)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre